FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2023

    210

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Kategori Berita Kominfo | adhi004
    Direktur Pengendalian Ditjen PPI Kementerian Kominfo Dany Suwardany dalam acara Sosialisasi Pusat Monitoring Telekomunikasi, Pos, dan Penyiaran di Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2023). - (Sina)

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya memeratakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan menjaga kualitas layanan telekomunikasi di Indonesia. 

    Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Dany Suwardany mengatakan salah satu upaya untuk memastikan kualitas layanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran adalah dengan menyediakan fasilitas Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT).

    "Dalam rangka memastikan bahwa kualitas layanan dari telekomunikasi, pos, dan penyiaran berjalan dengan baik, maka salah satunya yang kita lakukan adalah dengan membangun atau menyiapkan Pusat Monitoring Telekomunikasi atau kita singkat dengan PMT, yang terintegrasi dalam melakukan pengawasan terhadap pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran," jelasnya dalam acara Sosialisasi Pusat Monitoring Telekomunikasi, Pos, dan Penyiaran di Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2023).

    Menurut Direktur Dany, operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

    "PMT ini bertujuan untuk menyajikan informasi dalam kondisi yang real time atau mendekati real time mengenai kualitas dari layanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran," tandasnya.

    Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Ditjen PPI Kementerian Kominfo menyatakan lewat PMT seluruh aktivitas monitoring, evaluasi pelaporan, dan analisis dapat dilaksanakan secara lebih efisien, cepat, akurat, dan valid.

    “PMT memiliki enam fungsi, yaitu dashboard analisa PMT, Sistem Informasi Geografis (GIS), aplikasi Sigmon, monitoring telekomunikasi, smart monitoring quality of service (QoS), dan ticketing,” tuturnya.

    Hasil analisis data yang didapatkan dari PMT menurut Direktur Dany akan dapat dijadikan dasar dalam mengatasi berbagai permasalahan telekomunikasi, pos, dan penyiaran melalui keputusan yang tepat dan efektif.

    "Tujuan akhirnya adalah sistem monitoring ini untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang ada dan mengumpulkan data-data hasil analisis tersebut dalam big data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif," tandasnya.

    Acara Sosialisasi Pusat Monitoring Telekomunikasi, Pos, dan Penyiaran dihadiriperwakilan Dinas Kominfo provinsi, kabupaten dan kota.

    Berita Terkait

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kementerian Kominfo capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA