FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 11-2023

    654

    Lepas Bantuan Kemanusiaan Tahap Dua, Presiden: Indonesia Akan Terus Dukung Perjuangan Palestina

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Timur, Kominfo - Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023). Presiden menyebut, bantuan tahap kedua ini selain berasal dari anggaran pemerintah juga berasal dari bantuan perusahaan dan masyarakat.

    “Bantuan ini bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, dari masyarakat antara lain dari PT Paragon Technology and Innovation, kemudian dari Indonesian Humanitarian Alliance, Kitabisa, Baznas, WeCare, dan yang lain-lainnya,” jelas Presiden dalam sambutannya.

    Presiden Jokowi menuturkan bahwa pengiriman bantuan tahap kedua ini akan mengangkut sebesar 21 ton bantuan kemanusiaan yang terdiri atas makanan, obat-obatan, hingga perlengkapan rumah sakit.

    “Sebanyak dua pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton, yang ini adalah berupa obat-obatan kemudian perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza,” tuturnya.

    Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan tersebut akan berangkat menuju El-Arish terlebih dahulu untuk kemudian akan disalurkan ke Gaza, Palestina.

    Dalam sambutannya, Kepala Negara menegaskan bahwa selain memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik kepada Palestina. Presiden menuturkan bahwa saat ini Menteri Luar Negeri Retno Marsudi selaku salah satu utusan khusus Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tengah mengunjungi sejumlah negara untuk menggalang dukungan guna menghentikan kekejaman di Gaza.

    “Sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menteri Luar Negeri Indonesia juga sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata, dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza,” tegasnya.

    “Sekali lagi saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tandasnya.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kemanusiaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

    Berita Terkait

    Lepas Kontingen ke Olimpiade 2024, Presiden: Harumkan Nama Indonesia di Mata Dunia

    Presiden Joko Widodo berpesan agar para atlet Indonesia tetap optimistis dan semangat dalam menghadapi pertandingan melawan atlet-atlet terb Selengkapnya

    Pemerintah Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan

    Presiden menuturkan bahwa bantuan yang diberikan mulai dari obat-obatan, makanan tambahan, hingga perangkat kebersihan atau hygiene kit. Selengkapnya

    Evaluasi Peretasan PDNS, Presiden: Semua Data Nasional Harus Direkam Cadang

    Dengan pengaturan kewajiban merekam cadang, setiap kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah akan memiliki cadangan data dan layanan se Selengkapnya

    Dorong Penguatan Industri Teknologi Lokal, Presiden Resmikan Indonesia Digital Test House

    Sebagai fasilitas pengujian perangkat berstandar internasional, IDTH adalah yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Dengan investasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA