FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 04-2024

    274

    Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo Tunaikan Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana menunaikan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/04/2024). Presiden dan Ibu Iriana yang hadir bersama putra bungsunya Kaesang Pangarep beserta istri Erina Gudono tiba di masjid sekitar pukul 06.45 WIB.

    Presiden Joko Widodo tampak mengenakan baju koko berwarna putih dan Ibu Iriana mengenakan pakaian muslim berwarna putih. Sesaat setelah tiba, Presiden  langsung menempati saf paling depan, sementara Ibu Iriana menempati saf bagi jemaah wanita yang berada di sisi kiri ruang utama masjid.

    Pelaksanaan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB. Bertindak sebagai imam dalam pelaksanaan salat H.A. Husni Ismail. Sementara, K.H. Abd. A’la Basyir bertindak sebagai khatib menyampaikan khotbah yang bertema “Memperkuat Kebersamaan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.”

    Dalam khotbahnya, khatib mengajak untuk menjadikan Idulfitri sebagai momentum strategis untuk mengaktualisasi rasa syukur ke dalam program dan aksi nyata. Selain itu, khatib mendorong untuk meraih keberhasilan secara berkelanjutan.

    “Kita niscaya bertekad untuk berhasil secara berkelanjutan dan mampu meningkatkan kualitas keberhasilan itu dari waktu ke waktu. Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini baik di tingkat individu, masyarakat, maupun bangsa,” katanya.

    Khatib juga mengajak seluruh umat Islam dan unsur-unsur bangsa lainnya untuk meneguhkan kesatuan dan persatuan. Umat Islam dapat melakukan syukur dengan mengaktualisasikan anugerah yang diberikan Allah ke dalam program dan amal perbuatan nyata.

    “Semua itu diarahkan dan ditujukan dalam rangka membangun dan mengembangkan peradaban yang bermakna dan memiliki manfaat signifikan bagi bangsa dan negara, bahkan dunia global secara umum,” tambahnya.

    Selesai menunaikan salat Idulfitri, sekitar pukul 07.50 WIB Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kembali ke kompleks Istana Kepresidenan untuk selanjutnya bersilaturahmi bersama para pejabat negara dan masyarakat.

    Turut melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

    Berita Terkait

    Wapres Gelar Halalbihalal Idulfitri 1445 H di Kediaman Resmi

    Usai bersalaman dengan Wapres dan Ibu Wury, keluarga, kerabat, dan perangkat yang hadir pada kesempatan ini dipersilahkan menikmati jamuan y Selengkapnya

    Wapres Laksanakan Salat Idulfitri 1445 H di Masjid Istiqlal

    Presiden dan Wapres tampak menunaikan salat Tahiyatul Masjid dan turut mengumandangkan takbir bersama jemaah lainnya. Selengkapnya

    Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri 1445H

    Presiden berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan. Selengkapnya

    Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin Serahkan Zakat melalui Baznas

    Pada tahun 2023 total pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di SKL Baznas dan LAZ seluruh Indonesia mencapai Rp32 triliun, atau mening Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA