FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 04-2024

    376

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Denpasar, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan antisipasi peningkatan penggunaan spektrum frekuensi radio selama liburan Idulfitri 1445 H.

    Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Denpasar Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Zainullah Manan menyatakan upaya itu ditujukan untuk memastikan kelancaran komunikasi dan keselamatan masyarakat selama lebaran di wilayah Provinsi Bali.

    "Kami menggelar Posko Monitoring dan Layanan Gangguan Spektrum Frekuensi Radio dari tanggal 8 hingga 12 April 2024," ujarnya di Denpasar, Bali, Jumat (12/04/2024).

    Menurut Kabalmon Zainullah Manan pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan pemudik selama musim liburan Lebaran 2024.

    “Fokus utama pengawasan Balmon Denpasar adalah pada penggunaan spektrum frekuensi radio pada pita-pita frekuensi radio marabahaya, transportasi, termasuk penerbangan, darat, dan laut, serta sarana komunikasi masyarakat umum seperti frekuensi seluler,” jelasnya.

    Balmon SFR Kelas I Denpasar telah menjalin kerjasama dan koordinasi dengan berbagai instansi dan organisasi terkait untuk memastikan kelancaran penggunaan alat dan perangkat telekomunikasi yang menggunakan frekuensi radio selama musim liburan Lebaran.

    "Tim Pengendali Frekuensi Radio Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Denpasar dikerahkan untuk melakukan monitoring baik melalui fixed station yang tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Bali, maupun secara mobile untuk memastikan kelancaran komunikasi di area-area yang menjadi fokus utama arus mudik dan arus balik selama musim liburan," tuturnya.

    Menurut Kabalmon Zainullah Manan, apabila terjadi potensi gangguan frekuensi radio, maka dapat dideteksi dengan cepat dan ditangani secara efisien, sehingga dapat meminimalkan dampaknya terhadap kelancaran komunikasi selama periode penting ini.

    “Langkah-langkah ini menegaskan komitmen kami dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan masyarakat selama perayaan Hari Raya Idulfitri di Provinsi Bali,” tuturnya.

    Kabalmon SFR Kelas I Denpasar menyatakan hasil pemantauan dan monitoring menunjukkan penggunaan dan pemanfaatan pita frekuensi yang dimonitor tidak mengalami gangguan yang signifikan.

    "Selama berlangsungnya Posko, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Denpasar juga siap menerima laporan aduan gangguan frekuensi radio dari masyarakat melalui portal, nomor layanan WhatsApp Balmon Denpasar, maupun melalui media-media lain yang mempercepat pengiriman informasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan penanganan yang cepat dan efektif atas adanya gangguan frekuensi radio yang terdeteksi," jelasnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Kominfo Ingatkan Anak Muda Datang ke TPS di Hari Kasih Suara 14 Februari 2024

    Pemilih pada Pemilu 2024 itu didominasi oleh generasi Z, generasi muda yang pada 10-15 tahun kedepan akan memimpin bangsa ini. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA