FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2024

    188

    Presiden Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    IKN, Kominfo - Presiden Joko Widodo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu (17/08/2024). Acara yang digelar tepat pada pukul 00.00 WITA tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Setibanya di Taman Kusuma Bangsa, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana disambut oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo beserta istri untuk kemudian berjalan menuju area upacara. Bertindak sebagai perwira upacara adalah Brigjen TNI Bayu Permana yang menjabat sebagai Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, dan bertindak sebagai komandan upacara adalah Kombes Pol Matrius.

    Presiden selaku inspektur upacara kemudian memimpin apel kehormatan dan renungan suci. Dalam naskah yang dibacanya, Presiden memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Tanah Air yang telah berjuang demi nusa dan bangsa.

    “Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” tutur Presiden

    Kepala Negara mengajak masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi tanah air dan turut mendoakan agar para pahlawan diterima di tempat yang sebaik-baiknya oleh Tuhan Yang Maha Esa.

    “Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ungkapnya.

    Setelahnya, Presiden Joko Widodo memimpin prosesi mengheningkan cipta. Sedangkan doa bersama dipandu oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Presiden kemudian melakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan Taman Kusuma Bangsa.

    Berita Terkait

    Presiden Sampaikan Arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna Terakhir

    Presiden Joko Widodo menegaskan arti penting penyelesaian program kerja yang sedang berjalan serta memastikan administrasi dan pertanggungja Selengkapnya

    Presiden Resmikan Rehabilitasi dan Renovasi Pembangunan Venue PON XXI di Aceh

    Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa sejak tahun 2023, pemerintah telah melaksanakan renovasi dan pembangunan 18 venue PON di Prov Selengkapnya

    Presiden: Indonesia Sambut Hangat dan Gembira Kunjungan Sri Paus Fransiskus

    Presiden mengungkapkan bahwa kunjungan Sri Paus Fransiskus ke Indonesia memiliki pesan yang kuat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selengkapnya

    Presiden Pastikan Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus

    Presiden menyatakan kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA