FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 08-2024

    265

    Rutin Konsumsi Belimbing Wuluh Sembuhkan Mata Buram, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berupa reels yang menjadi perbincangan warganet. Konon, unggahan itu berisi narasi "cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk mata buram jadi terang. Cukup konsumsi rutin belimbing wuluh setiap hari atau bisa dengan cara merebus dan meminum air rebusannya karena manfaat dari buah belimbing wuluh ini bisa membantu menerangkan mata buram anda."

    Ternyata, hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Dokter Nurul Fajriah Afiatunnisa dari Praktik Mandiri Dokter Nurul Rangkasbitung menjelaskan konsumsi belimbing wuluh secara rutin setiap hari dapat menyembuhkan mata buram adalah tidak tepat.

    "Belum ada bukti penjelasan ilmiah dan medis yang menyebut bahwa konsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat menyembuhkan mata buram," tandasnya.

    Menurut Afiatunnisa, mengonsumsi belimbing wuluh tidak akan menyelesaikan permasalahan mata buram. Sehingga, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya tanpa mengetahui tujuan dan manfaatnya. "Penanganan mata buram harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya," tegasnya.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (25/08/2024):

    1. [HOAKS] Surat PT Shopee International Indonesia yang Mencatut Logo OJK
    2. [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Paxel Indonesia
    3. [HOAKS] Rutin Konsumsi Belimbing Wuluh Dapat Sembuhkan Mata Buram
    4. [HOAKS] Tautan Pendaftaran Transmigrasi Tahun 2024
    5. [HOAKS] Ikan Aneh Ditemukan di Kota Probolinggo
    6. [HOAKS] Orang Tua Presiden Jokowi Bernama Heru Purnomo Dan Yep Me Hwa
    7. [HOAKS] Kasmujo Tidak Mengakui Presiden Jokowi Sebagai Mahasiswa Bimbingannya

     

    Berita Terkait

    Akun WhatsApp Atas Namakan Kepala BKN, Awas Itu Hoaks!

    Beredar sebuah akun WhatsApp yang mengatasnamakan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto. Dalam akun Whatsapp tersebut, Selengkapnya

    Temuan Kasus Mpox di Bali? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Selengkapnya

    Sri Mulyani Bagikan Uang Rp15 Juta? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tanaman Pacing Sembuhkan Mata Minus, Itu Hoaks!

    Membasuh wajah dari tanaman pacing yang direndam tidak dapat menyembuhkan mata minus. Salah satu pengobatan lain untuk menyembuhkan mata mi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA