FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 09-2024

    57

    Kemkominfo Jamin Akses Internet Lancar di PON XXI Aceh-Sumut

    Kategori Artikel GPR | moch038

    Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo Bambang Dwi Anggono dalam media briefing Kesiapan Media Center PON XXI tahun 2024 yang digelar daring dari Jakarta, Kamis (29/8/2024).

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA PON-ACEHSUMUT2024

    No.15/SP/TKM-PONACEHSUMUT/8/2024

    Jakarta, 29 Agustus 2024 – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara didukung oleh jaringan telekomunikasi yang memadai, termasuk kualitas layanan 5G.

    "Insya Allah siap khususnya untuk akses internet. Insya Allah lancar semuanya," ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo Bambang Dwi Anggono dalam media briefing Kesiapan Media Center PON XXI tahun 2024 yang digelar daring dari Jakarta, Kamis (29/8/2024).

    Operator telekomunikasi saat ini pun dikatakannya sedang bekerja sama dengan pihak penyelenggara untuk memasang berbagai infrastruktur pendukung, termasuk jaringan fiber optik dan perangkat yang mendukung teknologi 4G serta 5G.

    Pemasangan perangkat ini dilakukan di seluruh tempat pertandingan PON, terutama di area yang dinilai membutuhkan penguatan sinyal.

    Kapasitas bandwidth yang memadai di Media Center PON XXI juga menjadi perhatian Kementerian Kominfo. Langkah ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan Panitia Besar (PB) PON di media center utama maupun media center satelit.

    Kemkominfo menyiapkan media center utama di dua lokasi yaitu Hermes Hotel, Banda Aceh dan Hotel Santika Dyandra, Medan. Untuk mendukung operasional jurnalis di beberapa venue pertandingan, disiapkan juga media center satelit. Media center satelit ini dikelola oleh PB PON XXI di bawah naungan KONI Pusat.

    "Kami menyiapkan sebesar 1.000 Mbps, lalu ada internet untuk redundansinya sebesar 500 Mbps, dan untuk backup sebesar 100 Mbps," ujar Bambang.

    Pada media center utama di Medan, dialokasikan bandwidth sebesar 500 Mbps, dengan redundansi jaringan sebesar 200 Mbps, dan cadangan sebesar 100 Mbps. Sementara untuk pusat media satelit yang tersebar di sejumlah tempat pertandingan baik di Aceh maupun di Sumatera Utara, Kemkominfo bersama dengan Dinas Kominfo provinsi menyediakan kapasitas internet berkisar antara 30 Mbps hingga 200 Mbps.

    Variasi kapasitas ini disesuaikan dengan besar kecilnya tempat dan cabang olahraga, serta mempertimbangkan jumlah atlet, pendukung, dan penonton di masing-masing lokasi pertandingan.

    "Sehingga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan baik untuk kepentingan media maupun untuk kepentingan mendukung bagi atlet," kata Bambang.

    Bambang mengatakan pengukuran ini turut mempertimbangkan jumlah penonton atau pengguna seluler di sekitar tempat pertandingan. Berdasarkan data tersebut, operator seluler telah membuat perencanaan untuk memasang perangkat pemancar mobile di setiap lokasi yang membutuhkan.

    "Rata-rata kurang lebih ada sekitar 20 sampai 30 perangkat mobile penguat sinyal seluler yang akan dipasang oleh masing-masing operator seluler," ucap Bambang.

    PON 2024 di Aceh dan Sumut digelar pada 8-20 September 2024. Pesta olahraga multicabang nasional itu akan dibuka di Aceh dan ditutup di Sumatera Utara. (Fathur Rochman, Aita Meirina/TR/Elvira Inda Sari).

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Wakabid Media dan Humas Panwasrah PON XXI wilayah Aceh, Suryansyah (0812-8378-2338)

    Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.id


    Berita Terkait

    Pimpinan Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut 2024 Masih Dipegang Jakarta

    Selengkapnya

    Pj. Gubernur Aceh Pastikan Layanan Terbaik untuk Kontingen PON Aceh-Sumut

    Selengkapnya

    Jakarta Pimpin Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut 2024

    Selengkapnya

    Gim Lokal Buatan Anak Bangsa Hadir di PON XXI

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA