FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 09-2024

    62

    Menko PMK Harap Keberadaan Arena PON XXI Tunjang Pembinaan Atlet Aceh

    Kategori Artikel GPR | moch038

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy (tengah) didampingi Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman (kiri) meninjau persiapan upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Kamis (5/9/2024). Muhadjir Effendy menyebut upacara Open Ceremony ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut telah siap untuk dilaksanakan dengan menyuguhkan berbagai atraksi secara kolosal, sekaligus memastikan Presiden Joko Widodo bakal membuka secara langsung agenda olahraga empat tahunan itu. ANTARA FOTO/Khalis Surry/wpa.

     

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA PON-ACEHSUMUT2024

    No.32/SP/TKM-PONACEHSUMUT/9/2024

    Banda Aceh, 6 September 2024 – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengharapkan keberadaan arena untuk setiap cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 dapat menunjang keberlanjutan pembinaan atlet di Aceh.

    Hal itu disampaikan Menko PMK Muhadjir di Banda Aceh, Kamis (5/9/2024) malam. Dikatakannya, Presiden Joko Widodo sejak awal sudah mengingatkan agar pembangunan arena seperti Stadion Harapan Bangsa dan arena lainnya tidak terlalu besar supaya perawatan pasca-PON XXI dapat dilakukan dengan baik dan produktif untuk pembinaan atlet.

    “Daya tampung sekitar 14.000 orang untuk stadion ini. Saya kira ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden, pada waktu awal beliau berpesan supaya stadion tidak usah terlalu besar-besar yang nanti perawatan dan pemanfaatan pasca-PON itu malah tidak produktif,” ujarnya.

    Menko PMK menyampaikan itu saat meninjau persiapan acara upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada 9 September di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

    Ia menjelaskan, semua arena yang dibangun dalam agenda olahraga empat tahunan itu sesuai standar nasional, bahkan ada yang berstandar internasional, salah satunya adalah Stadion Harapan Bangsa.

    “Inilah saya kira justru stadion yang ideal untuk Aceh, saya kira nanti bisa digunakan secara maksimal setelah PON,” ujarnya.

    Muhadjir berharap semua arena cabang olahraga yang dibangun saat PON XXI tidak hanya berfungsi ketika PON saja lalu terbengkalai tanpa perawatan selepas pelaksanaan PON XXI.

    “Tapi juga bagaimana pemanfaatan pasca-PON, terutama untuk membina dan meningkatkan prestasi putra-putra bertalenta di Aceh ini terutama talenta olahraga,” ujarnya.

    Penyelenggaraan PON Aceh-Sumut 2024 di wilayah Aceh berlangsung di 10 kabupaten/kota di Tanah Rencong, di antaranya Kota Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Pidie.

    Di sisi lain, Muhjadir mengajak masyarakat Aceh untuk menyemarakkan pesta olahraga nasional itu dengan menyaksikan berbagai pertandingan yang tersebar di sejumlah daerah.

    “Karena ada beberapa titik (penyelenggaraan PON), sehingga diharapkan seluruh Provinsi Aceh bisa menikmati pesta olahraga yang belum tentu 30 tahun lagi akan ditempatkan di Aceh,” ujarnya. (Khalis Surry, Eka Arifa Rusqiyati /TR/Elvira Inda Sari).

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI wilayah Aceh - Tirto Prima Putra (08999997934)

    Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.iddan https://ponxxi-acehsumut.id/

    Berita Terkait

    Ketua Harian PB PON XXI Aceh-Sumut Instruksikan Percepatan Distribusi Makanan untuk Atlet

    Selengkapnya

    Menpora: Audit Dana PON XXI untuk Transparansi, Bukan Tekanan bagi Penyelenggara

    Selengkapnya

    Aceh Muliakan Tamu PON XXI dengan Peumulia Jamee Adat Geutanyoe

    Selengkapnya

    Antusiasme Masyarakat dan Fasilitas Arena PON Aceh-Sumut Dipuji Atlet

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA