FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 09-2024

    40

    Aceh Muliakan Tamu PON XXI dengan Peumulia Jamee Adat Geutanyoe

    Kategori Artikel GPR | moch038

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Nasir Syamaun saat memberikan penjelasan pada kegiatan Chief de Mission (SdM) di Aula Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Jumat (13/9/2024). (Foto: Kominfo Aceh).

    Sejumlah atlet dan ofisial dari Kalimantan Timur berswafoto di atas menara masjid Raya Baiturrahman yang berada di pusat kota Banda Aceh, Aceh, Jumat (13/9/2024). Selama perhelatan PON XXI Aceh Sumut 2024, Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu lokasi objek wisata religi yang sering dikunjungi atlet dan ofisial PON dari berbagai daerah. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA PON-ACEHSUMUT2024

    No.82/SP/TKM-PONACEHSUMUT/9/2024

    Banda Aceh, 13 September 2024 – Provinsi Aceh yang menjadi tuan rumah bersama Sumatra Utara dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024, menjamu tamu dengan kearifan lokalnya. Dengan mengedepankan semangat Peumulia Jamee Adat Geutanyoe, sebuah tradisi Aceh dalam memuliakan tamu, Aceh terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh atlet dan ofisial yang datang.

    Sekretaris Daerah Provinsi Aceh, Azwardi pun mengingatkan kepada seluruh pengurus PB.PON XXI Aceh agar terus bekerja maksimal dan menjaga layanan terbaik. “Tetap harus memprioritaskan pelayanan untuk para kontingen. Layanan kesehatan, transportasi, akomodasi, hingga konsumsi harus dipastikan berjalan lancar, dengan kualitas layanan platinum,” tegasnya, Jumat (13/9/2024) di Banda Aceh.

    Azwardi menambahkan bahwa konsep Peumulia Jamee Adat Geutanyoe, yakni adat memuliakan tamu, harus tercermin dalam setiap aspek pelayanan yang diberikan. “Kita tidak hanya ingin mengejar prestasi dalam olahraga, tapi juga ingin membangun silaturahmi dengan saudara-saudara se-Nusantara. Aceh harus meninggalkan kesan terbaik di hati setiap tamu yang datang,” tambahnya.

    Menanggapi permintaan Sekda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Nasir Syamaun, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PB.PON XXI Wilayah Aceh, menegaskan jika  bagian transportasi telah diarahkan untuk memberikan prioritas kepada kontingen, khususnya yang ingin berkunjung ke Kota Wisata Sabang. Selain itu, atlet-atlet selam yang akan bertanding di Sabang juga mendapatkan perhatian khusus.

    “Kami memprioritaskan seluruh kendaraan yang berstiker PON XXI, termasuk untuk penyeberangan ke Sabang. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada para tamu dari berbagai daerah yang datang ke Aceh,” kata Nasir,

    Selain Sabang sebagai salah satu destinasi wisata, Aceh juga memiliki beberapa venue pertandingan penting di PON XXI 2024 yang menjadi daya tarik bagi para kontingen dan pengunjung.

    Pada kesempatan tersebut, Nasir juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Chef de Mission (CdM) dari berbagai kontingen yang telah memberikan masukan konstruktif selama pelaksanaan PON XXI 2024.

    Menurutnya, koreksi yang disampaikan menunjukkan semangat positif untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

    “Kami menerima masukan dan koreksi dengan lapang dada, karena itu bagian dari upaya kami untuk terus memperbaiki diri. Dari 12 koreksi di hari pertama, kemudian turun menjadi 6 dan akhirnya hanya ada 3 koreksi pada hari ini. Bahkan 2 di antaranya berupa apresiasi yang sangat kami hargai,” ujarnya.

    Salah satu apresiasi datang dari CdM Banten, Koswara yang meminta agar kontingen yang ingin berwisata ke Sabang diprioritaskan untuk penyeberangan. “Kami sangat mengapresiasi PB PON XXI Aceh. Kami merasa diperlakukan dengan sangat baik dan bahkan sudah memberikan dua jempol serta lima bintang untuk pelayanan yang kami terima,” kata Koswara.

    Sementara CdM Sulawesi Utara, Muhammad Idham, memberikan pujian kepada PB PON XXI Aceh, terutama terkait layanan transportasi, konsumsi, dan kesehatan. “Alhamdulillah, pelayanan di Aceh sudah sangat baik. Masalah konsumsi hanya terjadi kesalahpahaman kecil, namun sudah terselesaikan dengan baik. Kami sangat mengapresiasi reaksi cepat dari panitia,” ujar Idham.

    Sementara terkait keluhan dari CdM Maluku mengenai kekurangan kamar untuk atlet Tarung Derajat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Akmil Husein, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Akomodasi, langsung meresponsnya dengan berjanji untuk menambah jumlah kamar agar memenuhi kebutuhan atlet dari Maluku.

    “Kami akan segera menambah kamar untuk atlet Tarung Derajat wanita dari Maluku agar kenyamanan mereka tetap terjaga. Kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi semua kontingen,” ungkap Akmil.

    Selain itu, PT POS dan JNE sebagai mitra juga berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan PON XXI dengan memberikan layanan jemput bola di penginapan para kontingen. Ini akan memudahkan pengiriman barang atau paket bagi atlet yang ingin mengirimkan suvenir atau keperluan lainnya ke provinsi asal.

    Dengan komitmen penuh dari PB.PON XXI Aceh dan semua pihak terkait, perhelatan pesta olahraga terbesar tanah air di Aceh ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga, tetapi juga menjadi momen mempererat persaudaraan dan kebanggaan nasional. Pelayanan yang baik mulai dari transportasi, akomodasi, kesehatan, hingga konsumsi, membuktikan bahwa Aceh siap menjadi tuan rumah yang baik dan menjaga nama baik daerah.

    Melalui PON XXI Aceh-Sumut 2024, Aceh tidak hanya mencetak prestasi olahraga, tetapi juga menunjukkan kehangatan, keramahan, dan profesionalitas dalam menyambut tamu-tamu dari berbagai penjuru Indonesia. (IMA/Infopublik/TR/Elvira Inda Sari).

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI wilayah Aceh - Tirto Prima Putra (08999997934)

    Dapatkan informasi lainnya di https://ponxxi-acehsumut.id/ dan https://infopublik.id/kategori/ponxxi

    Berita Terkait

    Kawal Akuntabilitas Tata Kelola PON XXI, BPKP Terjunkan 77 Auditor

    Selengkapnya

    Nonton Acara Pembukaan PON XXI di Sumut, Pulang Bisa Bawa Sepeda Listrik hingga Mobil

    Selengkapnya

    Venue MMA PON XXI Aceh Sumut 2024 Siap Digunakan

    Selengkapnya

    Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Kepulauan Solomon dan Kongo

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA