FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 09-2024

    47

    Atasi Cacar Monyet dengan Antioksidan? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook yang menampilkan seorang laki-laki membawakan narasi virus cacar monyet dapat diatasi dengan antioksidan.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, ternyata klaim dalam video yang menyatakan virus cacar monyet dapat diatasi dengan antioksidan tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

    Dilansir dari cekfakta.tempo.co, Peneliti Virologi Universitas Airlangga Arif Nur Muhammad Ansori menyebutkan sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa antioksidan mampu melawan virus cacar air atau monkeypox (MPXV).

    "Mekanisme kerja antioksidan dalam tubuh manusia dapat meningkatkan respons imun, menurunkan radikal bebas, dan lainnya. Dalam kajian virologi, secara umum, antioksidan memiliki potensi menurunkan laju replikasi atau perbanyakan virus," jelasnya.

    Peneliti Arif menambahkan hingga saat ini belum ada studi yang spesifik mengenai bagaimana antioksidan melawan MPXV. Hal ini sejalan dengan informasi dalam siloamhospitals.com yang menjelaskan hingga saat ini, belum ada obat spesifik untuk cacar monyet. Namun, kondisi ini biasanya dapat pulih dengan sendirinya dalam 2 s.d. 4 minggu.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (13/09/2024):

    1. [HOAKS] Virus Cacar Monyet Dapat Diatasi dengan Antioksidan
    2. [HOAKS] Baim Wong Bagikan Mobil untuk Warga Timor Leste
    3. [HOAKS] Foto Pengendara Motor Bonceng Pocong Kena E-tilang di Pasuruan
    4. [HOAKS] WhatsApp Mengatasnamakan Sekdako Pekanbaru Indra Pomi
    5. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso
    6. [HOAKS] Oknum Guru di Kabupaten Buleleng Lecehkan Siswanya
    7. [HOAKS] Kota Bogor Diterjang Angin Kencang hingga Rumah, Mobil dan Kaca Mal Semua Pecah

    Berita Terkait

    DJP Bisa Akses Mutasi Rekening dan Kartu Kredit Mulai Januari 2025? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan ternyata klaim dalam poster tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Akun WhatsApp Atas Namakan Kepala BKN, Awas Itu Hoaks!

    Beredar sebuah akun WhatsApp yang mengatasnamakan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto. Dalam akun Whatsapp tersebut, Selengkapnya

    Daftar Jadi Penerima Bansos PKH Lewat Telegram? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran fakta Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa unggahan tersebut adalah tidak benar atau hoaks Selengkapnya

    Tautan Penyaluran Bantuan PKH Rp500.000? Awas Hoaks!

    Berdasarkan hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, tautan tersebut tidak mengarah ke situs resmi Kementerian Sosi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA