FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 09-2024

    280

    Dua Media Center Satelit di Sumut Perkuat Jaringan Informasi PON XXI 2024

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Medan, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia dan Pantia Besar (PB) PON XXI menyediakan media center satelit di beberapa venue pertandingan. Selain media center utama di Hotel Hermes, Banda Aceh dan Hotel Santika Dyandra, Medan, Media center satelit ini berfungsi sebagai penyangga operasional yang dikelola oleh PB PON XXI.

    Untuk wilayah Sumut, PB PON XXI Wilayah Sumatra Utara menghadirkan dua media center satelit untuk mendukung publikasi informasi terkait gelaran PON XXI Sumut.

    "Pihak Kominfo yang ada di Sumatra Utara memberikan fasilitas media center satelit yang ada di Dispora dan Stadion Arena di Deli Serdang," jelas Ketua Bidang Media dan Humas PB PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Sumatra Utara, Raja Parlindungan Pane dalam acara Pembukaan Media Center Utama di Medan, Minggu (08/09/2024).

    Penyediaan media center satelit ditujukan agar seluruh media center penyangga yang tersebar di 20 titik arena pertandingan cabang olahraga saling terhubung. Untuk mendukung kelancaran mobilisasi awak media atau peliput pertandingan di semua arena, panitia juga telah menyediakan 12 unit bus.

    “Media center penyangga tersebut tersebar di berbagai wilayah seperti Pematang Siantar, Toba, Samosir, Karo, Langkat, Binjai. Dengan demikian berbagai informasi terkait pertandingan semua cabang olahraga dapat diakses dengan mudah dan cepat,” tutur Ketua Bidang Media dan Humas PB PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Sumatra Utara.

    Raja mengatakan persiapan publikasi informasi PON di Sumut cukup maksimal sehingga ia berharap informasi tentang pesta olahraga nasional di wilayah setempat dapat disebarluaskan dengan lancar dan masif ke seluruh penjuru wilayah tanah air termasuk hingga ke mancanegara.

    "Tentu untuk acara yang besar ini pasti ada hal-hal yang kurang tetapi kami berharap itu bisa ditutupi dengan hal-hal positif yang diberitakan teman-teman media," ujarnya.

    PON XXI Aceh-Sumut 2024 berlangsung pada tanggal 8 s.d. 20 September 2024, namun demikian, beberapa pertandingan penyisihan cabang olahraga tertentu sudah digelar sejak akhir Agustus 2024.

    Pesta olahraga nasional yang baru pertama kali digelar pada dua provinsi itu mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang digelar di Sumatra Utara sebanyak 33 cabang dan di Aceh 32 cabang.

    PON Aceh-Sumut menjadi edisi terbesar dalam sejarah PON karena diikuti kontingen dari 38 provinsi termasuk perwakilan dari Ibu Kota Nusantara (IKN) serta melibatkan hampir 13 ribu atlet dan 6 ribu lebih ofisial.

    Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024 resmi beroperasi Minggu (08/09/2024). Peresmiannya dilakukan bersama oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA, dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman di Media Center PON XXI Aceh, Hotel Hermes, Banda Aceh. Pembukaan Media Center PON XXI ditandai dengan pemukulan Rapa'i, alat musik pukul yang berasal dari Aceh. (TR/m)

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Media dan Platform Digital Ciptakan Ruang Informasi Sehat

    Kementerian Kominfo tengah memformulasikan regulasi yang tepat untuk memastikan bahwa masyarakat dapat mengakses ruang informasi yang sehat Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan dan Keamanan Informasi KTT AIS Forum 2023

    Untuk memastikan jaringan telekomunikasi lancar dan aman selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA