FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 03-2022

    1017

    Menteri Johnny Minta Pemda Aktif dalam Digitalisasi Pemerintahan

    Kategori Berita Kominfo | adhi004
    Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara Welcoming Dinner di Sea View Restaurant, Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa (29/03/2022). - (AYH)

    Lombok Barat, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta pemerintah daerah mengambil peran aktif dalam proses digitalisasi pemerintahan.

    "Saya tentu berharap bahwa pemerintah daerah mengambil perannya yang aktif," ungkapnya dalam acara Welcoming Dinner di Sea View Restaurant, Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Selasa (29/03/2022). 

    Menurut Menkominfo peran aktif tersebut memiliki arti penting seiring dengan upaya pemerintah pusat dalam membangun pusat data nasional dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

    "Saat ini pemerintah pusat tengah melakukan berbagai sosialisasi untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan kota pintar atau smart city," tandasnya.

    Oleh karena itu, Menteri Johnny meminta pemerintah daerah melakukan komunikasi aktif dengan Kementerian Kominfo dalam membangun basis SPBE dan kota pintar di wilayah masing-masing.

    "Saya minta dengan hormat untuk secara aktif berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo untuk membangun basis electronic government dan smart city yang memadai," ujarnya.

    Menkominfo menekankan ketersediaan sumberdaya manusia digital untuk mendukung pembangunan infrastruktur TIK yang digencarkan pemerintah.

    "Pembangunan ICT infrastructure, baik hulu maupun hilir, perlu dilengkapi dengan ketersediaan sumberdaya manusia digital yang memadai," tandasnya 

    Oleh karena itu, Menteri Johnny mengajak pemerintah daerah untuk meningkatkan jumlah dan kualitas talenta digital di wilayah masing-masing. Menurutnya, Kementerian Kominfo telah menyediakan pelatihan keahlian digital tingkat menengah yang bisa diikuti oleh tamatan SMA, mahasiswa, dan sarjana. 

    "Program-program yang diberikan itu diantaranya yang berkaitan dengan coding, artificial intelligence, internet of things, big data, virtual reality, augmented reality, yang sekarang menjadi metaverse itu, dan berbagai jenis kecakapannya, bekerja sama dengan berbagai global technology company di Indonesia," jelasnya.

    Kementerian Kominfo melaksanakan Program Digital Talent Scholarship untuk mendorong peningkatan daya saing digital Indonesia sesuai dengan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. Selain memenuhi kebutuhan tenaga kerja bidang TIK, beragam pelatihan dalam Program DTS ditujukan untuk mengembangkan keahlian melalui re-skilling dan up-skilling berdasarkan keahlian yang dibutuhkan oleh industri dan masyarakat.

    "Saya mengajak para generasi milenial di NTB untuk ikut ambil bagian dalam program-program ini yang diselenggarakan dengan gratis," ajak Menkominfo. 

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menteri Johnny Pimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan RI

    Upacara itu dihadiri oleh pejabat pimpinan madya dan pratama yang mengenakan baju adat nusantara. Sekitar 700 orang sivitas Kementerian Komi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Johnny Pimpin Upacara Pembukaan Balagar Angkatan IV

    Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan pelatihan tersebut bertujuan membangun jiwa patriotik dan semangat cinta tanah air kepada para peserta Selengkapnya

    Dukung “Wajah Baru” Borobudur, Menteri Johnny Minta Kelola Arsitektur TIK Kawasan

    Menkominfo menegaskan arti penting wajah baru kawasan Borobudur agar sama dengan heritage atau warisan dunia lain seperti Piramida yang berk Selengkapnya

    Menteri Johnny Akan Tinjau Infrastruktur TIK di Kawasan Candi Borobudur

    Menkominfo akan membahas dukungan ekosistem komunikasi dan informatika untuk pengembangan kawasan Candi Borobudur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA