FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2022

    230

    Menanti Hasil Sidang Kedua DEWG G20

    Kategori Berita Kominfo | mth
    - (Wahyu Sudoyo/InfoPublik)

    Yogyakarta, Kominfo - Pembahasan implementasi ekonomi digital pada sidang kedua Digital Economy Working Group (DEWG) menjadi penting untuk dinanti hasilnya karena akan mendorong berbagai sektor bangkit kembali akibat terjangan pandemi COVID-19.

    "Banyak tema yang sangat penting dibahas dalam DEWG G20," kata Delegasi asal Italia Pietro Morandini kepada InfoPublik di Hotel Tentrem, Yogyakarta, pada Rabu (18/5/2022).

    Dengan kesepakatan bersama yang dicapai, jelasnya, tentunya dapat membuat implementasi ekonomi digital di seluruh negara menjadi lebih adil. Sehingga, setiap elemen masyarakat akan mendapatkan akses yang sama dalam ekonomi digital.

    Digitalisasi menjadikan berbagai layanan mudah diakses oleh masyarakat dunia, dari mulai layanan pemerintahan sampai dengan pelayanan sosial, hanya melalui gawai yang dimiliki. "Menjadi sangat menolong bagi seluruh masyarakat untuk bangkit dari pandemi," kata Pietro.

    Selanjutnya, di sidang kedua DEWG juga membahas sejumlah isu yang berkaitan dengan ekonomi digital dari gelaran G20 yang lalu, sebagai landasan negara-negara anggota G20 menyepakati ide yang diusung.

    "Membahas isu-isu yang belum disepekati dari gelaran G20 sebelumnya," tutur Pietro.

    Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo) yang juga menjadi Chair DEWG G20 2022, Mira Tayyiba, berharap kehadiran para delegasi DEWG membuat diskusi berjalan konstruktif dan mendapat hasil positif.

    “Saya mengapresiasi para delegasi yang hadir langsung secara fisik di Yogyakarta dan juga hadir secara virtual dari negara masing-masing,” ujar Sekjen Kominfo.

    Pada hari pertama, para delegasi membahas penyusunan draf isu-isu yang akan disampaikan pada pertemuan tingkat Menteri Komunikasi dan Informatika negara G20.

    Setelah menghadiri pertemuan, delegasi diundang untuk turut menghadiri Grand Launching of The National Digital Talent Program: A Momentous Milestone to Scoring Stellar Digital Talents, yang digelar di Hotel JW Mariott dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada Selasa (17/5/2022) siang.

    Setelahnya delegasi DEWG disuguhi oleh pertunjukan budaya, seperti tari-tarian dari Keraton Yogyakarta di kawasan Candi Prambanan.

    Diketahui, sidang kedua DEWG berlangsung secara hibrida dari tanggal 17 sampai dengan 19 Mei 2022 di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

    Delegasi 15 negara G20 hadir secara langsung di Yogyakarta. Selain Indonesia selaku tuan rumah, pertemuan ini antara lain dihadiri delegasi Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Prancis, Jerman, Inggris, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Turki, dan Uni Eropa. Adapun delegasi lima negara hadir secara daring antara lain Kanada, China, Meksiko, Afrika Selatan dan Rusia.

    Penulis: Tri Antoro

    Editor: Taofiq Rauf

    Berita Terkait

    UMKM NTT Meramaikan Pertemuan Ketiga DEWG G20 Labuan Bajo

    Produk yang mereka hadirkan di antaranya, kain tenun, kopi, snack atau cemilan, minuman tradisional (sari kunyit dan jahe), suvenir dan prod Selengkapnya

    Tiba di Labuan Bajo, Menkominfo Akan Buka Pertemuan Ketiga DEWG G20

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan menghadiri dan membuka Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Pre Selengkapnya

    [Berita Foto] Jelang Pertemuan Ketiga DEWG G20 di Labuan Bajo

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, untuk membuka Pertemuan Keti Selengkapnya

    [Berita Foto] Sidang Kedua DEWG G20 Berakhir, Delegasi Sepakati "Bali Package"

    Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia mengangkat tema Achieving Resilient Recovery: Working Together foto a More Inclusive, Empowering, and Su Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA