FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2022

    408

    Hadiri FEKDI 2022, Menkominfo Ungkap Percepatan Pembangunan Infrastruktur Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Badung, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghadiri Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang berlangsung hibrida dari Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (11/07/2022). 

    FEKDI merupakan etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital yang diselenggarakan Bank Indonesia dan Kementerian Perekonomian didukung kementerian, lembaga dan industri, guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

    Dalam sesi bertema Leader's Talk "Synergistic and Inclusive Digital Economy Ecosystem for Accelerated Recovery" itu, Menkominfo menyampaikan upaya percepatan pembangunan infrastruktur digital di sektor hulu dan hilir terus  dilakukan di seluruh Indonesia, baik oleh Kementerian Kominfo maupun melalui kerja bersama dengan operator seluler.  

    "Potret ICT infrastructure di Indonesia atau teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari tiga layer, pertama backbone atau tulang punggung yaitu fiber optic. Kabel serart optik di Indonesia telah digelar di lebih hampir 360.000 kilometer di darat dan di laut (in land dan subsea). Ada microwave link dan fiberlink serta  satelit termasuk satelit low orbit. Tahun depan di kuartal pertama akan dluncurkan satu satelit 150 giga per detik, satelit dari Amerika Serikat dan kuartal kedua akan diluncurkan satelit ke orbit dengan kapasitas yang sama, satelit Eropa," jelasnya.

    Selain membangun infrastrujtur digital di sisi hulu atau upstream, Menteri Johnny menyatakan Pemerintah juga menyiapkan sisi hilir atau downstream, berupa pusat data nasional.   

    "Lalu downstream infrastruktur hilir yaitu pusat data tadi yang disebutkan. Pusat data di Indonesia, konsumsi data per kapita di Indonesia saat ini setara dengan 1 watt per kapita (ukuran konsumsi data itu power tenaga listrik 1 Watt per kapita), negara tetangga kita, Singapura, 100 Watt per kapita," jelasnya.

    Dalam acara itu dilakukan peluncuran Gerakan Sinergi Nasional Ekonomi dan Keuangan Digital.  Acara itu merupakan side event dalam rangkaian G20 Finance Track: Finance and Central Bank Deputies (FCBD) dan 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG), yang berlangsung mulai 11 hingga 15 Juli 2022 dengan ragam bahasan dan diskusi perkembangan ekonomi dan keuangan digital oleh otoritas, pelaku industri, akademisi dan lembaga internasional. 

    Topik bahasan FEKDI 2022 meliputi sinergi dan kolaborasi ekonomi keuangan digital, mata uang digital, ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, pembayaran lintas negara (cross border payment) dan pembiayaan hijau (green financing), serta strategi kebijakan dalam mendorong digitalisasi untuk pemulihan ekonomi.

    Selain Menkominfo Johnny G. Plate, hadir secara langsung Menteri Koordinator Bidang Perkonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, Gubernur BI Perry Warjiyo, serta Gubernur Bali, I Wayan Koster. 

    Sementara Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, hadir dan memberikan sambutan secara daring.

    Berita Terkait

    Pembangunan Infrastruktur Masif di Era Kabinet Indonesia Maju

    Presiden Joko Widodo telah mengedepankan konsep Indonesiasentris, pembangunan tidak hanya berpusat di pulau Jawa dan Sumatra, contohnya pemb Selengkapnya

    Kominfo Dorong Badan Publik Tingkatkan Keterbukaan Informasi

    Keterbukaan informasi adalah amanat UU, sehingga harus mendapat jaminan, meskipun 13 tahun setelah diundangkan, UU KIP tidak berjalan dengan Selengkapnya

    [Berita Foto] Hadiri Raker Komisi I DPR RI, Menkominfo Paparkan Anggaran dan Isu Aktual

    Dalam rapat kerja itu, Menteri Johnny memaparkan anggaran kementerian dan isu aktual sektor komunikasi dan informatika. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Buka Pertemuan 4th DEWG Meeting

    Menkominfo Johnny G. Plate membuka pertemuan keempat DEWG G20 yang berlangsung di Mulia Resort Hotel, Nusa Dua, Bali, Senin (29/08/2022). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA