FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 03-2023

    876

    Terapkan Transformasi Jabatan Fungsional, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Kategori Berita Kominfo | Erbi

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menerapkan penyederhanaan organisasi dan jabatan berupa 

    penyusunan pola karir dan tata kelola sumberdaya manusia. Guna memaksimalkan transformasi jabatan fungsional, Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo menggelar Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional. 

    “Terbitnya PERMENPAN-RB Nomor 1 Tahun 2023 menjadi manifestasi atas transformasi jabatan fungsional khususnya dalam rangka memberikan tujuan yang baru. Guna implementasi tata kelola jabatan fungsional yang lebih dinamis serta mampu menjawab tantangan masa kini dan masa yang akan datang,” ujar Karowai dan Organisasi Imam Suwandi dalam acara yang berlangsung secara hibrida dari JW Marriott Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (07/03/2023).

    Karowai dan Organisasi Setjen Kementerian Kominfo menyatakan, kehadiran regulasi itu memicu beragam pertanyaan terutama berkaitan dengan implementasi di setiap kementerian dan lembaga.

    "Mudah-mudahan pertemuan dan sosialisasi yang kita laksanakan pada kesempatan pagi ini jadi ajang untuk kita bertukar pandangan. Sehingga akan mempermudah tata kelola di kami khususnya bagi teman-teman pengelola kepegawaian di setiap unit," tuturnya.

    Imam Suwandi menjelaskan, sosialisasi ditujukan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Kominfo dapat lebih memahami isi regulasi tersebut dan pengelolaan jabatan fungsional menjadi lebih baik lagi. 

    “Karena dampaknya bagi pengaturan terkait dengan jabatan fungsional ini sangat luas dan ada beberapa yang memang harus kita siapkan,” tandasnya 

    Salah satu hal yang menjadi perhatian dari Karowai dan Organisasi Setjen Kementerian Kominfo berkaitan dengan pola karir dan mutasi. 

    "Karena kalau pola karir proses mutasi dan sebagainya, Jabatan Fungsional sebelumnya kan tidak dimungkinkan perpindahan antarjafung hanya untuk perpindahan dalam satu jafung yang sama. Tetapi dengan adanya PERMENPAN-RB nanti seperti apa. Kemudian perpindahan antar rumpun itu seperti apa nanti, ini yang harus bisa lebih jelas," ungkapnya.

    Analis Kepegawaian Muda Badan Kepegawaian Negara Ika Meidyawati menjelaskan, reformasi birokrasi yang dijalankan saat ini sesuai dengan arahan Presiden agar birokrasi berdampak langsung ke masyarakat. 

    “Hal ini juga berkaitan dengan pola karir jabatan fungsional, dimana di aturan baru dimungkinkan untuk setiap jabatan fungsional berpindah," ujarnya. 

    Meski demikian, Ika Meidyawati menyatakan kompetensi jabatan fungsional menjadi salah satu tolak ukur penilaian. Oleh karena itu, diperlukan  inventarisasi kompetensi pegawai yang tersedia. 

    "Sehingga nanti siapa pun bisa berpindah dari satu kompetensi ke kompetensi yang lain. Kalau misalnya ada gap, di situlah instansi pembina berperan dalam pelaksanaan seperti mengembangkan kompetensi," jelasnya.

    Acara itu juga dihadiri oleh perwakilan setiap satuan kerja secara luring dan ASN di lingkungan Kementerian Kominfo secara daring.

    Berita Terkait

    Lantik 18 Pejabat Fungsional, Kepala BKO: Jaga Integritas dan Profesionalitas

    Menurut Kepala BKO momentum ini akan menjadi awal baik untuk meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA