FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 05-2024

    234

    Perkuat WBBM, Kominfo Gelar Forum Konsultasi Publik Izin SOR

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Yogyakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatiika telah membangun Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

    Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo Imam Suwandi menyatakan pembangunan ZI- WBBM itu merupakan upaya meningkatkan kualitas layanan publik.

    “Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ada kewajiban untuk menyelenggarakan layanan publik, ada kewajiban penyelenggara layanan publik untuk membentuk ZI-WBBM,” ungkapnya dalam Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Perizinan Sertifikasi Operator Radio (SOR)  Pembangunan ZI Menuju WBBM Direktorat Operasi Sumber Daya (OSD) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, di Yogyakarta, Jumat (31/06/2024).

    Menurut Kepala BKO Imam Suwandi, Direktorat OSD Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo menjadi wakil kementerian untuk penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Ombudsman Republik Indonesia.

    “Hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan predikat kepatuhan tertinggi. Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Ombudsman kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi,” tuturnya.

    Meskipun predikat tertinggi pelayanan yang diberikan Direktorat OSD Ditjen SDPPI sudah maksimal, namun demikian peningkatan layanan perlu dilakukan terus menerus.

    “Salah satu kewajiban memberikan layanan berkualitas sesuai sasaran penyelenggaraan pelayanan publik dan selaras dengan pelayanan berintegritas serta sesuai standar pelayanan,” tandas Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo.

    Menurut Kepala BKO Imam Suwandi, Direktorat OSD sangat konsisten untuk meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk dalam penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). 

    “Secara berkala direviu mengenai standar pelayanan sertifikasi operator radio. Kami harapkan ada penyempurnaan standar pelayanan dari stakeholders,” ungkapnya.

    Hingga saat ini, sudah ada empat satuan kerja Kementerian Kominfo yang telah memperoleh Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), yaitu: Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI, Direktorat Standardisasi Ditjen SDPPI, Balai Uji Perangkat Telekomunikasi Ditjen SDPPI dan Direktorat Pos Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

    “Dengan prestasi ini wajah Kementerian Kominfo sangat terbantu, termasuk dalam agenda Reformasi Birokrasi sehingga bisa meningkatkan inovasi dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo.

    Kepala BKO Imam Suwandi mengapresiasi pelakasanaan Forum Konsultasi Publik yang diselenggarakan untuk mengembangkan standar pelayanan perizinan SOR.

    “Saya apresiasi forum ini untuk mendengarkan masukan dari stakeholders dan pada prinsipnya mendukung penyelenggaraan FKB. Dan nanti mohon laporan disampaikan kepada Bu Sekjen sebagai bagian dari reformasi birokrasi,” tuturnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Humas Gencar Berbagi Informasi Akselerasi Produksi Pangan

    Kementerian Kominfo mendorong sinergitas semua pihak, terutama humas pemerintah. Selengkapnya

    Perkuat Akses Disabilitas, Kominfo Siapkan Aturan Layanan KIP Digital

    Penyusunan aturan ini merupakan upaya melibatkan semua pihak dan memberikan kesempatan yang sama untuk mengakses semua konten digital yang a Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA