FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 03-2023

    561

    Wapres Imbau Calon Pemudik Lakukan Persiapan dengan Baik

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Banda Aceh, Kominfo – Perayaan Idulfitri bagi umat Islam di Indonesia setiap tahunnya identik dengan kegiatan mudik ke kampung halaman. Beragam moda transportasi menjadi pilihan masyarakat dalam melaksanakan mudik lebaran. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin memberikan imbauan kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan pelaksanaan mudik dengan baik, khususnya bagi pemudik yang akan menggunakan sepeda motor pribadi.

    “Kita imbau supaya dia betul-betul menjaga diri dan mempersiapkan diri kalau mudik pakai motor,” ujar Wapres dalam keterangan persnya saat dimintai tanggapan oleh awak media usai acara Kuliah Umum dan Peluncuran Buku “K. H. Ma’ruf Amin: Bapak Ekonomi Syariah Indonesia” di UIN Ar-Raniry, Jalan Syeikh Abdul Rauf, Darussalam, Banda Aceh, Kamis (30/03/2023).

    “Sebab itu berbahaya ya. Kalau bisa pemerintah meminta jangan [mudik] pakai motor,” ucap Wapres.

    Lebih lanjut, Wapres mengharapkan agar jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pribadi tidak terlalu banyak, mengingat rawan terjadinya kecelakaan.

    “Mudah-mudahan tahun ini kalau tidak ada, bagus, kalau [ada] yang [menggunakan motor], semoga jumlahnya tidak banyak,” harap Wapres.

    Pada kesempatan yang sama, Wapres memastikan kesiapan jalanan, moda transportasi, dan pengamanan telah dipersiapkan pemerintah bersama para pemangku kepentingan.

    “Sudah menyiapkan di jalan-jalan, angkutan, semuanya itu sudah dipersiapkan, jadi semua jalur-jalur udara, darat laut, itu sudah disiapkan oleh pemerintah, termasuk pengamanan oleh pihak kepolisian itu sudah,” ungkap Wapres.

    “Termasuk juga antisipasi juga yang mudik menggunakan motor yang memang banyak yang kecelakaan ya,” tambahnya.

    Selanjutnya, Wapres menambahkan bahwa pemerintah telah mempersiapkan kebutuhan dan melakukan antisipasi terhadap kemungkinan lonjakan jumlah pemudik pada 2023 ini.

    “Kebutuhan lebaran itu memang sudah diantisipasi dan juga kebutuhan akan mudik karena diperkirakan kan mudik ini besar,” jelas Wapres.

    Lebih jauh, Wapres menyebutkan bahwa beberapa persiapan yang telah dilakukan pemerintah, seperti ketersediaan bahan makanan dan minuman.

    “Saya kira pemerintah sudah memetakan dalam rangka menghadapi lebaran, baik ketersediaan pasokan bahan makanan dan minuman,” terang Wapres.

    Menurut Wapres, mudik lebaran 2023 ini dapat lebih terkendali usai melandainya kasus Covid-19, setelah di tahun sebelumnya masih diberlakukan pembatasan kegiatan di masyarakat.

    “Karena kemarin kemarin kan terhalang, walaupun sekarang Covid belum habis betul, tapi sudah lebih [terkendali],” imbuhnya.

    Menutup keterangannya, Wapres mengingatkan kepada masyarakat mengenai adanya pilihan transportasi mudik menggunakan bus, dengan memanfaatkan beragam pilihan program mudik gratis.

    “Sekarang ini kan banyak dilakukan mudik gratis ya, ini dilakukan oleh pemerintah juga, pemerintah daerah oleh berbagai komunitas,” ucap Wapres.

    “Jadi ada mudik gratis, bus-bus yang disediakan untuk mereka yang mudik,” pungkasnya.

    Turut mendampingi Wapres saat memberikan keterangan pers, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Mujiburrahman, Plt. Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat, dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

    Berita Terkait

    Wapres Minta Pekan Ekonomi dan Keuangan Syariah Menjadi Agenda Nasional

    Wapres menyampaikan apresiasinya kepada KNEKS, Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, dan seluruh pihak yang telah mendukung pe Selengkapnya

    Presiden Tekankan Peran Penting BPKP Kawal Kesinambungan Pembangunan

    Presiden menegaskan arti penting memastikan program pembangunan sampai kepada tujuan tanpa menyalahi aturan dan mencari kesalahan. Selengkapnya

    Ramadan Berlalu, Wapres Minta Lanjutkan Program Siaran Kebaikan

    Wapres meminta media dan seluruh pihak yang terlibat dalam produksi dan tata kelola penyiaran untuk memastikan unsur-unsur kebaikan dan ajak Selengkapnya

    Wapres Tekankan Arti Penting Nilai dan Norma dalam Muatan Siaran Televisi

    Wapres juga meminta insan pers untuk secara serius mempertimbangkan nilai dan norma dalam muatan siarannya. Selain bersifat entertainment, p Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA