FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 07-2024

    326

    Perkuat Ekosistem Industri Gim Nasional, Pemerintah Luncurkan Kampanye Ayo Hargai

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Pemerintah terus mendorong penguatan ekosistem gim nasional agar dapat bersaing dengan gim dari luar negeri. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim menyatakan lewat Kampanye ‘Ayo Hari Game Indonesia (Hargai)’, Pemerintah mengajak ekosistem gim menyambut Hari Gim Nasional yang akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2024.

    "Kampanye Ayo Hargai bertujuan untuk memperkuat ekosistem gim nasional dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi industri gim nasional. Kemendag bersama-sama kementerian terkait lainnya juga melakukan beberapa hal dalam rangka menyambut hari gim nasional yang jatuh pada 8 Agustus 2024," ujarnya dalam Konferensi Pers Kampanye Ayo Hargai di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (19/07/2024).

    Dirjen Isy memaparkan, pengembangan ekosistem gim dilakukan berdasarkan amanat Peraturan PresidenNomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Perpres ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem gim nasional dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi industri gim nasional.

    "Sesuai dengan Perpres, amanat yang diberikan kepada Kemendag adalah sebagai penanggung jawab program peningkatan pembukaan akses pasar gimnasional melalui dua kegiatan, yaitu penyediaan captive marketbagi produk gim nasional dan sinergi promosi dengan niaga elektronik (e-commerce) Indonesia," jelasnya.

    Dirjen PDN Kemendag mengungkapkan Kemendag bersama Kemenparekraf, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan HAM, serta Komisi Perlindungan Ibu dan Anak (KPAI) telah melakukan kurasi berhadap 28 gim lokal yang berasal dari 24 pengembang.

    Setelah dilakukan penilaian awal, sebanyak 10 gim lokal dinyatakan tidak memenuhi syarat, sedangkan 18 gim lokal lainnya memenuhi syaratuntuk dikurasi berdasarkan kriteria guna menentukan 8 gim terpilih.

    Kriteria yang ditetapkan terhadap gim yang terpilih yaitu, pertama, gim harus dapat diunduh melalui layanan distribusi digital resmi. Kedua, gim telah diunduh lebih dari 50 ribu kali pada seluruh layanan distribusi digital resmi. Ketiga, gimtersebut rata-rata pada seluruh layanan distribusi digital minimal mendapat rating bintang 3,5.

    Keempat, konten gim sudah diuji berdasarkan Entertainment Software Rating Board (ESRB) atau The International Age Rating Coalition (IARC) atau Indonesia Game Rating System (IGRS) atau rating konten internasional resmi lainnya.

    Kelima, gim merupakan karya pengembang studio gim dalam negeri. Keenam, diutamakan telah memiliki tanda daftar penyelenggara sistem elektronik (TDPSE), hak cipta, dan telah berbadan hukum. Terakhir, diutamakan gim yang mengangkat kebudayaan lokal dan memiliki konten edukasi.

    Adapun gim yang terpilih tersebut, antara lain Lokapala (Anantarupa Studios Jakarta), Where Is My Cat (SLAB Games Bali), Marbel TK PAUD (Educa Studio  Salatiga), Selera Nusantara (Gambir Studio Sleman), Dadoo (Algorocks Malang), Epic Conquest (Gaco Games Surakarta), Paw Rumble (Grinsmile Studio Surabaya), serta Warteg Gelora (Megaxus Infotech Jakarta).

    “Kedelapan gim terpilih akan dibantu promosi di beberapa saluran, baik secara daring maupun luring. Promosi dilakukan melalui lokapasar (marketplace), jaringan ritel modern, layanan distribusi digital, kanal informasi dari kementerian dan lembaga terkait, serta program kampanye lainnya,” imbuh Isy.

    Sementara Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R. Kurleni Ukar menyampaikan, setelah terpilih, 8 gim lokal tersebut diharapkan dapat tumbuh berkembang. Kemenparekraf akan menyosialisasikan dan menampilkan 8 gim tersebut pada Barekraf Game Prime yang akan dilaksanakan pada 17s.d. 18 Agustus 2024 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

    “Melalui ajang tersebut, diharapkan kedelapan gim ini bisa mendapatkan perhatian dari masyarakat dan mendorong masyarakat untuk terus memainkan gim lokal. Mudah-mudahan upaya bersama ini bisa mengembangkan industri gim lokal dan diharapkan nantinya juga ini bisa mendunia,” tuturnya.

    Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata danEkonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu menambahkan, Kemenkomarves mengapresiasi Kemendag, Kemenparekraf, dan semua pelaku industri gim atas kolaborasi penguatan ekosistem gim. Melalui kolaborasi ini cita-cita Perpres 19/2024 ini untuk menghasilkan industri gim Indonesia yang semakin tumbuh, diharapkan dapat terwujud.

    “Diharapkan, 8 gim tersebut dapat mengarusutamakan nilai-nilai utama bangsa ini dan kearifan lokal. Selain itu, gim-gim lokal diharapkan dapat dimanfaatkan olehdunia pendidikan untuk memudahkan pembelajaran dan menanamkan nilai-nilai utama. Pengembang atau studio gim lokal perlu terusd idorong untuk menciptakan produk-produk baru yang dapat memberikan sumbangsih pada masyarakat,” ungkapnya.

    Berita Terkait

    Optimalkan Potensi Ekonomi Digital, Pemerintah Dorong Pengembangan Kompetensi SDM

    Menko Airlangga juga menyampaikan harapan untuk dapat mengupayakan Tiongkok sebagai mitra Indonesia untuk komoditas dan sektor strategis lai Selengkapnya

    Lewat SDI, Pemerintah Dorong Rakyat Rasakan Kemudahan Data

    Platform Data Model yang dikembangkan SDI diharapkan dapat mendukung percepatan transformasi digital melalui identifikasi duplikasi berbagai Selengkapnya

    Percepat Transformasi Birokrasi, Pemerintah Kembangkan Kepemimpinan Digital

    Kapabilitas digital sebuah organisasi ternyata sangat signifikan ditentukan oleh faktor-faktor manusia seperti kepemimpinan, budaya kerja, d Selengkapnya

    Lewat SIPK, Pemerintah Bangun Informasi Pasar Kerja Waktu Nyata

    Informasi pasar kerja yang update dan real time adalah bagian terpenting membangun tenaga kerja yang terampil dan kompetitif. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA