FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 04-2023

    1386

    Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Labuan Bajo

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Manggarai Barat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Pekan Literasi Digital yang melibarkan kelompok masyarakat dan komunitas di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

    Kepala Dinas Kominfo Manggarai Barat Paulus Setahu mewakili Bupati Manggarai Barat mengatakan, saat ini perkembangan pengguna internet di Indonesia sangat meningkat dimana telah mencapai angka 196,76 juta pengguna aktif atau 73,7 % dari populasi penduduk Indonesia dengan didominasi pengguna media sosial.

    "Ini merupakan tantangan bagi pegiat media sosial khususnya generasi Z dan fenerasi milenial," kata Paulus saat membuka kegiatan tersebut di Aula Youth Centre Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis (13/04/2023).

    Menurut Paulus, menjadi tanggungjawab semua untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang literasi digital yang perlu dikemas sehingga menjadi topik yang dibahas di lingkaran keluarga.

    Ia menjelaskan, menjadi literat digital berarti dapat memproses berbagai informasi, dapat memahami pesan dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk.

    "Bentuk yang dimaksud termasuk menciptakan, melaksanakan kolaborasi, komunikasi, dan bekerja sesuai dengan aturan etika, dan memahami kapan dan bagaimana teknologi harus digunakan agar efektif untuk mencapai tujuan," tandasnya.

    Paulus Setahu menyatakan guna mewujudkan masyarakat Manggarai Barat makin cakap digital dan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi secara luas, pihak Kemenkominfo bersama Pemkab Manggarai Barat telah menyediakan sarana base transceiver station (BTS).

    "Dengan sebaran menara BTS bantuan BAKTI  di Kabupaten Manggarai Barat tahun 2023 sebanyak 52 site. Sedangkan sebaran layanan akses internet BAKTI di Kabupaten Mabar tahun 2023 sebanyak 159 site teresebar di 12 kecamatan," tuturnya.

    Kegiatan itu diikuti 150 peserta yang berasal dari berbagai komunitas yang ada di Labuan Bajo. Peserta mendapat pengetahuan dari sejumlah  narasumber  yang ahli di bidangnya untuk meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat umum dalam menggunakan teknologi digital dengan lebih optimal, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya edukasi literasi digital guna mewujudkan ekosistem digital yang aman, nyaman, dan produktif.

    Selama mengikuti kegiatan selain mendapatkan sharing pengetahuan dari narasumber, panitia  juga menggelar  doorprize berupa satu unit laptop, sepuluh buah headset bluetooth serta pulsa gratis.

    Sumber: infopublik.id

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA