FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 11-2023

    233

    Pagi di Fakfak, Presiden Tanda Tangani Tugu Pancasila Kampung Tanama

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Fakfak, Kominfo - Mengawali kegiatan kunjungan kerja hari ketiganya di Papua, Presiden Joko Widodo mengunjungi Tugu Pancasila Kampung Tanama, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Jumat (24/11/2023).

    Tiba sekira pukul 06.50 WIT, Presiden kemudian disambut oleh Bupati Fakfak Untung Tamsil, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, dan Kepala Kampung Tanama Sukur Weripih. Di sana, Presiden Jokowi menandatangani prasasti Tugu Pancasila Kampung Tanama yang merupakan bentuk pengingat perjuangan para pahlawan yang berasal dari Kampung Tanama.

    “Tugu Pancasila ini sangat penting karena mengingat para pejuang yang berada di Kampung Tanama,” ucap Kepala Kampung Tanama Sukur Weripih dalam keterangannya usai kegiatan.

    Sukur berharap ke depannya, masyarakat dapat terus mengingat perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan dan terus berusaha bersama untuk membangun negeri.

    “Saya mengajak masyarakat mari menghindari persoalan untuk membangun negeri,” tuturnya.

    Setelahnya, Presiden Joko Widodo melanjutkan kegiatannya menuju Kawasan LNG Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni untuk meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tangguh Train 3.

    Presiden menyebut hasil produksi dari proyek tersebut dapat meningkatkan kapasitas produksi tahunan Tangguh LNG menjadi 11,4 juta ton per tahun.

    “Dan berkontribusi signifikan untuk mendukung target produksi gas 12 miliar kaki kubik per hari pada tahun 2030,” ujar Presiden dalam sambutannya.

    PSN Tangguh Train memiliki nilai investasi senilai USD4,83 miliar atau setara dengan Rp72,45 triliun. Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi kehadiran PSN tersebut karena mampu menyerap banyak tenaga kerja dalam negeri, utamanya tenaga kerja asli Papua.

    “Saat ini, 70 persen tenaga operasional tangguh adalah pekerja dari Provinsi Papua Barat dan Papua,” ucapnya.

    Pada siang harinya, Kepala Negara akan menuju Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya untuk melakukan groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unimuda Sorong.

    Kegiatan Presiden Joko Widodo dalam rangkaian kunjungan kerja hari ketiga dilanjutkan dengan menuju Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat untuk meresmikan pembukaan Kongres himpunan Mahasiswa Islam (HMI) XXXII dan Munas Kohati XXV Tahun 2023.

    Turut mendampingi Presiden dalam rangkaian kunjungan kerja hari ketiganya antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

    Berita Terkait

    Groundbreaking Masjid Negara di IKN, Presiden: Representasi Kemajemukan Indonesia

    Tidak hanya Masjid Negara, Presiden menyampaikan bahwa di kawasan tersebut nantinya juga akan dibangun sejumlah tempat ibadah lainnya. Mulai Selengkapnya

    Presiden Tekankan Seluruh Pihak Kawal Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

    Kepala Negara mengimbau seluruh jajaran KPU agar dapat menjalankan pemilu dengan sebaik-baiknya. Presiden menyebut semua hal harus dipastika Selengkapnya

    Buka Vokasifest, Presiden: Pendidikan untuk Kebutuhan Masa Kini dan Masa Depan

    Presiden mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi serta mengembangkan talenta-talenta muda Indonesia. Selengkapnya

    Bertemu Presiden Biden, Presiden Joko Widodo Sampaikan Hasil KTT OKI tentang Palestina

    Presiden Joko Widodo akan menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) terkait kondisi te Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA