FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2024

    410

    Perkuat Sistem Logistik di Indonesia, Wapres Dorong Cari Model Terbaik

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo – Peranan logistik mulai dari pendistribusian barang hingga peningkatan proses pemasaran sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Namun implementasinya, masih kerap ditemukan tantangan yang terjadi saat dilakukan harmonisasi peraturan hingga adanya biaya yang tinggi. Oleh karena itu, berbagai pihak yang terkait industri logistik, salah satunya Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) harus dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam memaksimalkan peran logistik, diantaranya melalui kajian tentang skema konkret mengenai praktik baik yang dapat ditindaklanjuti lebih jauh.

    “ALFI coba mencari model [penerapan sistem logistik terbaik]. Bisa juga ada beberapa alternatif [model sistem yang diajukan]. Nanti yang terbaik yang kita ambil,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menerima audiensi Dewan Pengurus Pusat (DPP) ALFI di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa (20/02/2024).

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, riset ini sangat krusial diinisiasi oleh pelaku usaha sebagai pihak yang paling memahami kondisi di lapangan.

    “Pengusaha yang tahu persis, yang menyelami, mengerti letaknya dimana, dimana masalahnya. Harusnya bisa membuat konsep yang coba diajukan ke pemerintah,” imbuh Wapres.

    Sementara terkait referensi praktik baik (best practice) ini, Wapres mengimbau agar DPP ALFI dapat mempelajari sistem-sistem yang telah dilakukan di negara lain dan terbukti keberhasilannya.

    “Kita lihat mana yang best practice- nya. Apa Thailand punya? Beberapa sistem investasi bisa kita ambil dari Thailand. Saya kira dalam masalah logistik bisa kita cari,” imbau Wapres.

    Menutup arahannya, Wapres kembali menegaskan perlunya masukan dari para pelaku usaha terkait skema model terbaik dan menunggu sumbangsih pemikiran ALFI dalam menguatkan sistem logistik di Indonesia.

    “Supaya kita bisa bersaing, bisa kompetitif di dalam menghadapi masalah ini. Apalagi kalau kita sudah mulai go global,” tegas Wapres.

    “ALFI harus membuat konsep ini,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Ketua Umum DPP ALFI M. Akbar Djohan melaporkan tentang kepengurusan DPP ALFI masa bakti 2023-2028. Pada kesempatan yang sama, Akbar juga memaparkan tantangan- tantangan yang ditemui pada sistem logistik di lapangan. Ia pun berharap, ke depan pemerintah dapat mempertimbangkan adanya badan nasional untuk menaungi urusan logistik dan forwarder ini agar aturan-aturan yang telah diterbitkan oleh berbagai kementerian teknis yang terkait dapat diharmonisasi, sehingga implementasi di lapangan dapat berjalan dengan baik.

    “Harapan pelaku logistik, adanya rumah besar Badan Logistik Nasional yang menaungi dari Sabang sampai Merauke,” harap Akbar.

    Selain Ketua Umum DPP ALFI M. Akbar Djohan, hadir dalam pertemuan ini Sekretaris Jenderal DPP ALFI Iman Gandi Mihardja, Wakil Ketua Umum Bidang Maritim dan Pelabuhan DPP ALFI Harry Sutanto, Wakil Ketua Umum Bidang Angkutan Udara DPP ALFI Ardani Pratama Yahya, Bendahara Umum DPP ALFI Wisnu Petalolo, dan Humas DPP ALFI Poppy Z.

    Sementara Wapres didampingi oleh Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan M. Nasir, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

    Berita Terkait

    Tingkatkan Produsen Halal Indonesia-Selandia Baru, Wapres Harapkan Kerja Sama Ditindaklanjuti

    Wapres berharap akan ada tindak lanjut antara pengusaha Selandia Baru dengan pengusaha di Indonesia terkait peningkatan kemitraan untuk mena Selengkapnya

    Presiden Optimistis Ekonomi Indonesia Tahun 2024 Tumbuh Baik

    Meski demikian, Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak di sektor jasa keuangan tetap waspada tehadap cepatnya pergerakan ekonomi global da Selengkapnya

    Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar, Presiden: Semua Harus Sekolah

    Guna mewujudkan hal tersebut, Presiden mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk memberikan bantuan dalam bidang pendidikan. Selengkapnya

    Presiden Luncurkan Nusantara Logistics Hub PT Pos Indonesia

    Presiden menuturkan, Nusantara Logistics Hub and Services akan mendukung keberadaan IKN sebagai super hub. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA