FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 03-2024

    409

    Jelang Pilkada 2024, Wapres Minta Semua Pihak Jaga Nilai-nilai Demokrasi

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Auckland, Kominfo – Usai gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden-Wakil Presiden dan Legislatif pada 14 Februari 2024 lalu, kini masyarakat Indonesia akan bersiap menghadapi Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) yang dijadwalkan pada November 2024.

    Saat dimintai tanggapannya oleh awak media mengenai hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta seluruh pihak terkait, termasuk penyelenggara, petugas keamanan, dan masyarakat untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis.

    “Saya kira supaya [Pilkada] dilaksanakan dengan baik, dengan demokratis, dengan jurdil (jujur dan adil). Semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan aturan-aturan yang ada,” imbau Wapres usai menghadiri Business Forum with Halal Industry, di Hotel Cordis, Auckland, Selandia Baru, pada Jumat (01/03/2024).

    Menurut Wapres, apabila Pilkada dijalankan sebagaimana aturan yang ada dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, diharapkan prosesnya akan berjalan sesuai dengan harapan.

    “Kalau itu [Pilkada jurdil] terjadi, saya kira akan aman, mudah-mudahan. Kita sudah berkali-kali [menghadapi] Pileg, Pilpres, Pilgub, Pilbup, itu sebenarnya sudah beberapa kali,” harapnya.

    Oleh karena itu, dengan pengalaman penyelenggaraan Pemilu yang sudah dilalui Indonesia selama ini, Wapres berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam menjaga situasi aman pesta demokrasi tersebut.

    “Karena itu, situasi kondusif yang pernah kita lakukan dan baik, itu harus kita jaga. Jangan kemudian diwarnai dengan hal –hal yang tidak baik,” pungkasnya.

    Mendampingi Wapres dalam keterangan pers kali ini, Dubes RI untuk Selandia Baru Fientje Maritje Suebu dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

    Berita Terkait

    Songsong Indonesia Emas 2045, Wapres Ajak Umat Islam Berjihad Ekonomi Sesuai Nilai Al-Quran

    Wapres mengajak umat Islam di tanah air sebagai penduduk mayoritas bangsa Indonesia untuk memperkuat kemampuan ekonominya. Selengkapnya

    Sambut Natal dan Tahun Baru 2024, Wapres Serukan Rakyat Indonesia Terus Jaga Harmoni, Kedamaian, dan Persatuan Bangsa

    Wapres menekankan arti penting memaknai Natal sebagai wujud ajaran saling mengasihi antarsesama manusia. Selengkapnya

    Meski Beda Pilihan, Wapres Ingatkan Jangan Sampai Terjadi Permusuhan

    Wapres mengimbau untuk memilih sesuai dengan nurani. Kalaupun terjadi perbedaan pilihan, ia mengingatkan, jangan sampai terjadi permusuhan. Selengkapnya

    Hadapi Kontestasi Pemilu, Wapres Ajak Wujudkan Demokrasi yang Matang

    Pembangunan demokrasi hendaknya juga menjadi komitmen kolektif yang mampu merangkul keberagaman warga bangsa. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA