FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 03-2024

    194

    Cetak Santri Modern Lewat Santri Digitalpreneur 2024

    Kategori Berita Pemerintahan | Erbi

    Serang, Kominfo - Pemerintah menargetkan mencetak dan menciptakan santri modern yang menjunjung tinggi akhlakul karimah melalui Program Santri Digitalpreneur Indonesia 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memyatakan mengharapkan program itu mampu mendoring santri beradaptasi dan menguasai keterampilan ekonomi kreatif digital sehingga makin berkarakter dan berintegritas tinggi dalam menghasilkan karya.

    "Program ini juga diharapkan memberdayakan santri unggulan hingga mampu bersaing di industri kreatif dan digital. Dari pelatihan ini kita harapkan santri-santri ini bisa menjadi pelaku ekonomi kreatif digital yang andal dan mampu menciptakan peluang usaha atau lapangan kerja. Mengutip Pak Kyai Ubay, santri bukan semata mengurus fikih tapi juga memastikan sugih,” ujarnya dalam Peresmian Pelatihan Program Santri Digitalpreneur 2024 di Pondok Pesantren Nur El Falah, Serang, Banten, Jumat (29/03/2024).

    Program Santri Digitalpreneur Indonesia (SDI) sendiri merupakan wadah pelatihan dan peningkatan kapasitas santri dan generasi muda dalam menghadapi tantangan industri digital kreatif.

    Tahun ini merupakan tahun ke-4 dilaksanakannya program santri digitalpreneur yang tahun ini mengusung tema ‘Generasi Kreatif, Berdaya Saing’.  Kegiatan Digitalpreneur diikuti oleh 500 santriwan dan santriwati yang berasal dari 10 pondok pesantren yang ada di Banten dan dilaksanakan selama dua hari.

    Tahun ini, selain 10 kota pelatihan dan 1 acara puncak, Santri Digitalpreneur juga hadir dengan kegiatan Akselerasi dan Silaturahmi Alumni Santri Digitalpreneur Indonesia di Pondok Pesantren Nur El Falah, Banten, dan nantinya juga akan ada di Pondok Pesantren Persatuan Islam I dan II Bandung, Jawa Barat.

    Kegiatan Akselerasi dan Silaturahmi Alumni Santri Digitalpreneur Indonesia ini akan mengundang tim terbaik dari pondok pesantren yang sudah pernah mengikuti program ini. Nantinya peserta akan diberikan pelatihan Voice Over dan Pembuatan Konten, sehingga karya-karya yang dihasilkan oleh santri serta pondok pesantren dapat disiarkan melalui kanal-kanal digital melalui kreativitas teman-teman peserta Akselerasi dan Silaturahmi Alumni Santri Digitalpreneur Indonesia ini.

    “Karena ini merupakan pelaksanaan tahun ke-4 maka kami melakukan perbaikan di antaranya ada kelas pendampingan untuk peserta Santri Digitalpreneur Indonesia tahun 2024. Program ini adalah bentuk follow up terhadap alumni agar dapat mengembangkan produk kreatif digitalnya sehingga bisa berdaya saing dan menjadi local heroes. Mudah-mudahan local heroes santri-santri bisa membangun negeri,” jelas Menparekraf. 

    Menparekraf menargetkan melalui program Santri Digitalpreneur ini tercipta terobosan dan solusi dari ekonomi baru Indonesia yang berbasis ekonomi kreatif.

    “Kita ingin para santri ini tidak hanya membawa proposal tapi justru menjadi mentor digital, mereka bisa menjadi solusi dari ekonomi baru Indonesia yang berbasis ekonomi kreatif. Karena posisi kita sudah 3 besar dunia sekarang di level global, kita hanya tertinggal dari Korea Selatan dan AS. Jadi harapannya melalui santri digitalpreneur ini kita bisa mencetak lembaran baru yang insyaAllah bersejarah,” kata Menparekraf. 

    Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; serta Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa.

    Berita Terkait

    Transparansi Aset Kripto Lewat SE Bappebti Nomor 47/2024

    Upaya terus dilakukan agar ekosistem berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan dapat mendorong transaksi Selengkapnya

    RI - Jepang Tempa SDM Industri Kompeten Bidang Digital

    Terdapat beberapa kebijakan dan program pemerintah yang menjadi bagian dari kerja sama Indonesia dan Jepang. Selengkapnya

    Topang Ekonomi Nasional, Pemerintah Dorong Industri Mamin Percepat Transformasi Digital

    Digitalisasi membawa efek positif bagi sektor industri makanan dan minuman dalam upaya meningkatkan nilai ekspor. Selengkapnya

    Cetak SDM Industri Kompeten di Bidang Marketing

    Pertumbuhan karier di bidang pemasaran ini disebabkan di antaranya oleh penggunaan media sosial dan internet marketing yang semakin pesat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA