FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 07-2024

    328

    GNRM Metro, Viralkan Aksi Nyata Lewat Komunikasi Digital

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Metro, Kominfo - Kota Metro Provinsi Lampung menjadi bukti nyata kerja sama pentahelix yang kuat dalam menerapkan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan komunikasi dan kolaborasi intensif antara pemerintah kota dan berbagai organisasi masyarakat menodorng implementasi aksi nyata dalam mewujudkan Indonesia yang melayani, tertib, bersih, mandiri, dan bersatu.

    "Gugus Tugas Daerah GNRM Kota Metro, yang sudah terbentuk sejak tahun 2020, aktif menyebarkan nilai-nilai Revolusi Mental dalam era digital ini. Melalui medium komunikasi digital, mari kita viralkan kebaikan-kebaikan, praktik baik, dan aksi nyata yang selaras dengan nilai-nilai Revolusi Mental,” ungkapnya  saat menghadiri Semarak Gathering Generasi Digital Revolusi Mental Tahun 2024 di Kota Metro, Provinsi Lampung, Minggu (14/07/2024).

    Dengan semangat optimisme, Menko PMK mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda, untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak demi kemajuan bersama.

    “Jangan biarkan kemajuan ekosistem digital di Indonesia malah mendatangkan masalah tersendiri pada bangsa kita. Generasi muda harus mampu memanfaatkan teknologi AI untuk kemaslahatan bersama,” ujarnya.

    Menko PMK memberikan apresiasi tinggi terhadap keberhasilan dan inisiatif dan pengelolaan pasar Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) yang banyak didominasi oleh pedagang perempuan. 

    Menurutnya hal itu menandai inisiatif baik yang dilakukan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi di tengah masyarakat.

    “Pelibatan pedagang yang rata-rata perempuan menunjukkan inisiatif pemberdayaan ekonomi masyarakat yang patut kita apresiasi,” tuturnya.

    Menko PMK juga mengungkapkan kekagumannya atas Payungi yang berlokasi di gang-gang Kampung Yosomulyo dan menjadi salah satu destinasi favorit di Kota Metro. Inovasi yang melibatkan banyak pemangku kepentingan itu telah menggerakkan ekonomi lokal dengan omzet mencapai Rp12 miliar dalam lima tahun terakhir.

    “Saya melihat berbagai macam ekshibisi yang dilakukan oleh salah satu lembaga swadaya masyarakat bernama Payungi. Ini kegiatannya sangat kreatif, inovatif, dan sangat milenial,” ujar Muhadjir.

    Payungi yang telah dikunjungi oleh 2.500-5.000 orang setiap hari Minggu tidak saja hanya menjadi pusat pergerakan ekonomi, tetapi juga menjadi cerminan nyata dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Kaitannya dengan itu, Muhadjir menekankan bahwa Payungi telah mampu mempraktikkan nilai-nilai utama Revolusi Mental yang berupa integritas, etos kerja, dan gotong royong.

    Sejumlah stan dikunjungi oleh Menko Muhadjir, diantaranya stand minuman dan kopi yang dikelola oleh penyandang disabilitas pendengaran, warung jamu tradisional, taman baca, hingga ruang kreativitas anak muda.

    “Semua ini menunjukkan nilai-nilai Revolusi Mental yang nyata mewarnai setiap aktivitas di Payungi,” katanya.

    Acara dimulai dengan talkshow dan sharing praktik baik pengelolaan Pasar Payungi oleh Dharma Setyawan selaku pendiri, serta pengelolaan media sosial untuk diseminasi praktik baik oleh CEO Lampung Geh! Bery Decky Saputra. Peserta kemudian diajak berkeliling pasar untuk membuat konten tentang praktik baik bernilai Revolusi Mental di sekitar pasar, dilanjutkan dengan kunjungan ke Kampung Peng-Anggur-an dan Kampung Lebah untuk melihat dan mendokumentasikan praktik baik lainnya.

    Dengan jumlah peserta mencapai 150 orang, termasuk pelajar, mahasiswa, influencer, serta tamu undangan dari Kemenko PMK dan pemerintah daerah, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan literasi digital dan menyebarkan nilai-nilai Revolusi Mental secara lebih luas.

    "Dengan harapan besar bahwa semangat Revolusi Mental akan terus menyebar dan menginspirasi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Berbagi hal baik untuk Indonesia lebih baik,” harap Muhadjir dengan penuh semangat.

    Berita Terkait

    Presiden Lantik Dua Kepala Badan dan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

    Pelantikan tersebut dilakukan usai pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024. Selengkapnya

    Presiden Lantik Menteri Hukum dan HAM hingga Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika

    Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Selengkapnya

    Pemerintah Bangun Jalan Tol Pelayanan Publik Lewat Digitalisasi

    Tantangan layanan digital saat ini membutuhkan perubahan dari kondisi yang rumit, kompleks, dan panjang, menjadi lebih simpel, mudah, cepat, Selengkapnya

    Cetak Santri Modern Lewat Santri Digitalpreneur 2024

    Program Santri Digitalpreneur Indonesia (SDI) sendiri merupakan wadah pelatihan dan peningkatan kapasitas santri dan generasi muda dalam men Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA