FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 07-2024

    208

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi, Kominfo Sediakan Aplikasi Info

    Kategori Berita Kominfo | anni005

    Lombok Barat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong lembaga publik di daerah untuk menjamin hak warga negara dalam memperoleh Informasi Publik. Guna memudahkan lembaga pemerintah daerah, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo menyediakan aplikasi info.go.id.

    "Aplikasi info.go.id dirancang untuk mempermudah akses informasi bagi masyarakat, sekaligus sebagai alat bagi pemerintah untuk menunjukkan komitmen terhadap keterbukaan dan akuntabilitas.  Aplikasi layanan informasi publik ini mempunyai tujuan utama untuk memberikan akses mudah dan cepat kepada masyarakat akan informasi yang mereka butuhkan,” jelas Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP Kementerian Kominfo Hasyim Gautama dalam Bimbingan Teknis Pemanfaatan info.go.id dalam Pelayanan Informasi Publik di Senggigi Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (31/07/2024).

    Direktur Hasyim Gautama menyatakan pengembangan sistem ini merupakan upaya untuk memudahkan masyarakat yang akan mengakses informasi publik di seluruh badan publik negara. Menurutnya, selama ini setiap badan publik negara mengembangkan sistem informasi yang terpisah. 

    "Meski pengembangan sistem informasi ini bertujuan baik, di sisi lain mengindikasikan adanya penggunaan anggaran tidak efektif akan menyulitkan. Masyarakat jadi harus melakukan pendaftaran berulang–ulang jika meminta informasi ke badan publik yang berbeda,” tuturnya.

    Pengembangan sistem sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien agar dapat diakses dengan mudah merupakan amanat Pasal 7 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Oleh karena itu, Menteri Kominfo melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, membangun dan menetapkan Aplikasi Info.go.id sebagai Aplikasi Umum Layanan Informasi Publik sejak Agustus 2023.

    Kementerian Kominfo sebagai instansi pembina teknis penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren bidang komunikasi dan informatika  terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi, salah satunya dengan aplikasi umum layanan informasi publik info.go.id.

    “Aplikasi ini diharapkan dapat mengkonsolidasikan layanan informasi publik menjadi satu aplikasi umum untuk mempermudah layanan bagi masyarakat,” tegas Direktur TKKKP Ditjen IKP Kementerian Kominfo.

    Aplikasi info.go.id dapat mengatasi hambatan geografis dan memastikan informasi penting dapat diakses oleh semua orang, di manapun mereka berada.

    “Informasi publik yang akurat, jelas, dan tepat waktu adalah kunci dalam mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih partisipatif dan cerdas,” ujar  Direktur Hasyim Gautama.

    Direktur TKKKP Ditjen IKP Kementerian Kominfo menjelaskan aplikasi info.go.id sudah dilengkapi dengan fitur yang inklusif sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat dengan mudah mengakses Aplikasi Info. Adapula fitur laporan yang memudahkan PPID dalam merekap Statistik Layanan Informasi, serta memiliki Fitur Forum PPID yang membuat PPID Badan Publik dapat berinteraksi dan saling berbagi pengetahuan dalam melaksanakan Pelayanan Informasi Publik.

    "Info.go.id dirancang untuk mempermudah akses informasi bagi masyarakat, sekaligus sebagai alat bagi pemerintah untuk menunjukkan komitmen terhadap keterbukaan dan akuntabilitas. Bahkan, aplikasi ini juga didukung Fitur Microsite yang mengagregasi Website Badan Publik lainnya dalam satu pintu melalui Info.go.id,” ungkapnya.

    Latih Petugas PPID Agar Lebih Mahir

    Melalui acara bimbingan teknis, Direktur Hasyim Gautama berharap peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dan menjadi agen perubahan dalam penyampaian informasi publik.

    "Saya ingin berterima kasih atas kerjasama Pemerintah Provinsi NTB yang telah bantu kami dalam mewujudkan acara ini.  Kami berharap, melalui Bimtek ini, para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dan menjadi agen perubahan dalam penyampaian informasi publik," ungkapnya.

    Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi NTB Najamuddin Amy mengapresiasi Kementerian Kominfo yang telah  menyelenggarakan Bimbingan Teknis pemanfaatan platform info.go.id dalam pelayanan informasi publik. Kadiskomintik NTB menjelaskan bimbingan teknis info.go.id tersebut menjadi wadah penting dalam mendukung keterbukaan informasi dan transparansi pemerintahan.

    "Dengan adanya pelatihan itu Diskominfotik Nusa Tenggara Barat berharap pegawai PPID di NTB dapat lebih mahir dalam memanfaatkan platform tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik," ujarnya.

    Kadiskominfotik Najam menyatakan keterampilan mengelola dan menyebarkan informasi publik yang akurat dan transparan menjadi kunci  membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah. Oleh karena itu, Najamuddin Amy mengajak seluruh peserta Bimtek untuk memanfaatkan pengetahuan guna mendukung misi pemerintah provinsi NTB dalam menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. 

    "Mari kita bersama-sama memanfaatkan Bimtek ini dalam meningkatkan kemampuan kita," ajaknya.

    Adapun bimtek dihadiri oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi se-kementerian lembaga dan PPID dari Seluruh Provinsi di Indonesia.

    Berita Terkait

    Sambut Kunjungan Paus Fransiskus, Kominfo-PosIND Luncurkan Prangko

    Kementerian Kominfo melakukan perubahan e-katalog Prangko Indonesia Tahun 2024 untuk memasukkan agenda kunjungan Paus Fransiskus sebagai sa Selengkapnya

    Dukung Kerja Jurnalis Peliput HLF MSP dan IAF 2024, Kominfo Siapkan Media Center Berfasilitas Lengkap

    Menkominfo Budi Arie Setiadi memberikan pesan khusus mengenai pelayanan media center sebagai komitmen. Selengkapnya

    Konsultasi Publik Revisi UU KIP, Kominfo Libatkan Pemangku Kepentingan

    Secara global banyak negara telah melakukan perubahan atas Freedom of Information Act (FOIA). Seperti Amerika Serikat pada tahun 2016 dan Au Selengkapnya

    Gunakan SFR Aman, Kominfo Bekali Nelayan dengan IKRAN

    Kabalmon Mujiyo menyatakan usaha perikanan membutuhkan komunikasi yang bersifat umum atau nonmarabahaya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA