FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 08-2024

    211

    Menparekraf Dorong Peningkatan Peran Perempuan dalam Pembangunan Sektor Pariwisata

    Kategori Artikel GPR | moch038

    Jakarta, 6 Agustus 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peningkatan peran perempuan dalam pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) sehingga dapat mewujudkan parekraf sebagai sektor yang inklusif dan memberikan dampak yang semakin luas bagi masyarakat.

    Menparekraf Sandiaga dalam acara "Forum Tematik Bakohumas dengan tema ‘Peran Perempuan dalam Pembangunan Sektor Pariwisata’" di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (6/8/2024), mengatakan berdasarkan riset Global Gender Gap Report tahun 2023, Indonesia berada di peringkat 87 dalam kesenjangan gender global dan baru mencapai 69,7 persen untuk kesetaraan gender.

    "Angka tersebut tentunya perlu dinaikkan untuk mencapai inklusifitas dan kesetaraan gender. Pariwisata disebut sebagai salah satu jawaban atas kesenjangan ketidaksetaraan gender karena memberikan banyak kesempatan bagi perempuan untuk berpartisipasi," kata Menparekraf Sandiaga.

    Untuk itu, Sandiaga menjelaskan, Kemenparekraf berkomitmen mendorong penguatan SDM perempuan di sektor parekraf melalui pelatihan dan sertifikasi serta memberikan kesempatan bagi perempuan untuk mengenyam pendidikan di institusi pendidikan pariwisata yaitu Politeknik Pariwisata (poltekpar).

    “Kemenparekraf juga terus menyosialisasikan pentingnya perempuan untuk mengambil peran dan kepemimpinan di sektor parekraf dan mendorong perempuan di ribuan desa wisata yang ada di seluruh Indonesia untuk menjadi local champions,” tambahnya.

    Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan bahwa di lingkungan Kemenparekraf, perempuan menempati 50 persen posisi strategis yang berada di level deputi, sekretaris kementerian, staf ahli, dan wakil menteri.

    Melalui programnya, Kemenparekraf juga mengembangkan Desa Wisata Ramah Perempuan.

    “Kemenparekraf sedang mengembangkan konsep Desa Wisata Ramah Perempuan yang berkolaborasi dengan kementerian lain. Rencananya, kami akan melakukan launching bersama Menparekraf, Mendes PDTT, dan MenPPPA,” kata Ni Wayan Giri.

    Pelaku pemberdayaan perempuan di Lombok, Sri Rahayu Hasiba, mengatakan saat ini perempuan lokal di Lombok terus menunjukkan perannya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti dalam olahraga selancar yang juga banyak diminati wisatawan saat datang ke Pulau Lombok.

    Perempuan lokal Lombok mampu menghadapi stigma dan memiliki akses ke kompetisi dan sponsor untuk olahraga selancar yang masih didominasi oleh kaum adam.

    “Banyak muncul komunitas women surfers, seperti Lombok Surfer Girls, yang memberikan dukungan, pelatihan gratis, dan jaringan bagi peselancar perempuan di Lombok. Hal ini tentunya membantu perkembangan pariwisata lokal,” kata Sri Rahayu.

    Pemimpin Redaksi CNN Indonesia, Titin Rosmasari, mengatakan bahwa media memiliki peran yang penting dalam pembangunan sektor pariwisata khususnya dalam meningkatkan peran perempuan.

    “Dengan arus cepat informasi, promosi pariwisata menjadi lebih cepat dengan adanya tren hidden gem dan healing di berbagai media. Media juga hadir untuk terus menyajikan edukasi pariwisata bagi masyarakat dan bagaimana wisatawan dapat menjaga kebersihan tempat wisata, kelestarian alam, dan terus mendukung pelestarian budaya Indonesia melalui program-programnya,” ujar Titin.

    Dalam laporannya, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, menyampaikan bahwa perempuan merupakan penopang mata rantai industri pariwisata dan menjadi salah satu kunci untuk mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif.

    “Kami berharap forum ini dapat menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan mengenai isu-isu di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya terkait isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dalam pembangunan sektor pariwisata Indonesia dari perspektif pemerintah, media, dan pelaku juga praktisi,” kata Dewi Hendriyani.

    Hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga yaitu Adyatama Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya; Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Usaha, Hanifah Makarim; Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Ni Komang Ayu Astiti; Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Ika Kusuma Permana Sari; dan Inspektur I, Inspektorat Utama, Nina Azhari.

    Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Hasyim Gautama; Kepala Biro Hubungan Masyarakat MPR RI, Anies Muninggar; Kepala Biro Humas Kominfo, Rhina Anita; dan Kepala Biro Data dan Informasi Dewan Pertimbangan Presiden, Arfan Sahib.

     

    I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

    Kepala Biro Komunikasi

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

    Berita Terkait

    IAPF 2024 Peran Strategis Parlemen Indonesia dalam Membangun Kemitraan Global

    Selengkapnya

    Kemenprekraf Hadirkan Budaya Betawi dalam Welcoming Dinner ITIF 2024

    Selengkapnya

    Menparekraf Apresiasi Kerja Sama JTA International Investment Holding dan Hanung Bramantyo Kembangkan Studio Gamplong

    Selengkapnya

    Menparekraf Dorong Lebih Banyak Investasi pada Pariwisata Berkelanjutan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA