FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 08-2024

    174

    Apresiasi Kerja Keras Lembaga Negara dan Kerja Sama Anak Bangsa Capai Kemajuan Indonesia

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Jakarta Pusat, Kominfo - Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan di hadapan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta Pusat, Jumat (16/08/2024). Dalam pidatonya, Presiden menekankan pentingnya persatuan dan kerja sama seluruh anak bangsa dalam mencapai kemajuan Indonesia yang lebih tinggi.

    “Bapak, Ibu, Saudara-Saudara sekalian se-bangsa dan se-tanah air, ini adalah hasil kerja keras kita bersama. Ini adalah fondasi besar kita bersama. Ini adalah bukti bahwa persatuan kita, bahwa kerukunan kita, bahwa kerja keras dan kegotongroyongan kita dapat membawa Indonesia melompat lebih tinggi lagi,” ujar Presiden Joko Widodo di hadapan para anggota MPR, DPR, dan DPD serta tamu undangan lainnya.

    Presiden juga mengapresiasi dukungan dan kerja sama seluruh lembaga negara yang telah berperan penting dalam menopang lompatan kemajuan Indonesia. Ia menyebutkan peran aktif MPR RI dalam memperkokoh ideologi negara, memperdalam rencana penyusunan Pokok-Pokok Haluan Negara, serta menjaga silaturahmi antartokoh bangsa.

    Selain itu, Presiden Joko Widodo memuji DPR RI yang telah menjalankan fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan dengan baik, termasuk dalam merumuskan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 untuk mendukung transisi pemerintahan mendatang. Ia juga menyoroti keberhasilan DPR dalam menyelesaikan sejumlah undang-undang strategis.

    “Seperti UU Ibu Kota Negara, UU Daerah Khusus Jakarta, UU Informasi dan Transaksi Elektronik, UU Aparatur Sipil Negara, dan UU Kesejahteraan Ibu dan Anak,” ungkap Presiden.

    Lebih lanjut, Presiden mengapresiasi DPD RI yang terus mengawal kemandirian daerah otonom, menginisiasi rancangan legislasi, serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU dan Perda, khususnya dalam bidang agraria dan pangan. Presiden juga menyinggung peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang telah mengawasi penggunaan anggaran negara serta memperkokoh kepercayaan dan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional melalui keaktifannya dalam organisasi dan forum-forum internasional.

    Presiden juga memberikan penghargaan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang telah menangani lebih dari 202 perkara pengujian UU dan mengadili sengketa Pemilu, serta Mahkamah Agung (MA) RI yang menguatkan prinsip keadilan restoratif untuk menyelaraskan kepentingan korban dan pertanggungjawaban terdakwa tanpa pemidanaan yang berlebihan.

    Selanjutnya, Presiden menegaskan pentingnya peran Komisi Yudisial (KY) RI dalam mewujudkan hakim yang berintegritas dan berkualitas. “Guna meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap institusi kehakiman di negara kita,” tutur Presiden.

    Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo ini menjadi pengingat akan pentingnya sinergi dan gotong royong seluruh elemen bangsa untuk mencapai Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

    Berita Terkait

    Wapres Ma’ruf Amin: Kerja Sama Solid Kunci Sukses Kabinet Indonesia Maju

    Wapres menilai, proses transisi pemerintahan pada 20 Oktober nanti akan berjalan dengan baik. Sebab, sebagai anggota Kabinet Indonesia Maju, Selengkapnya

    Bangun Persaudaraan dan Persahabatan Dunia, Wapres Sambut Baik Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia

    Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pun menyambut baik kedatangan Paus Fransiskus yang merupakan bagian dari gerakan persaudaraan sed Selengkapnya

    Presiden Lantik Dua Kepala Badan dan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

    Pelantikan tersebut dilakukan usai pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024. Selengkapnya

    Presiden Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN

    Dalam naskah yang dibacanya, Presiden memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari selu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA