FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 09-2024

    126

    Bangun Persaudaraan dan Persahabatan Dunia, Wapres Sambut Baik Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia

    Kategori Berita Pemerintahan | anni005

    Serang, Kominfo – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa (03/09/2024). Dalam kunjungannya selama 4 hari di Indonesia, ia dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, para tokoh lintas agama, hingga memimpin Misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pun menyambut baik kedatangan Paus Fransiskus yang merupakan bagian dari gerakan persaudaraan sedunia ini.

    “Hari ini Paus juga datang. Karena itu, kita sambut baik dan ini akan membangun persaudaraan dan persahabatan seluruh bangsa di dunia apa pun agamanya,” tutur Wapres dalam keterangan persnya usai menghadiri Sosialisasi Pendampingan dan Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi 1.000 Usaha Mikro di Provinsi Banten, Launching Kawasan Industri Halal di Modern Cikande, dan Groundbreaking Pembangunan Masjid As Salam Kampus II Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten di Pendopo Kantor Gubernur Banten, Jl. Syekh Moh. Nawawi Albantani No. 1, Sukajaya, Kecamatan Curug, Serang, Selasa (03/09/2024).

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, kunjungan Paus Fransiskus ke berbagai negara termasuk Indonesia, merupakan salah satu upaya tokoh besar keagamaan dalam membantu menghentikan peperangan yang saat ini terjadi di berbagai negara di dunia.

    “Apa pun bangsanya sehingga kita [bisa] untuk menghentikan peperangan-peperangan yang ada di mana-mana ini,” imbuh Wapres.

    Wapres menilai, hal ini sejalan dengan gerakan persaudaraan sedunia yang diinisiasi di Abu Dhabi melalui Dokumen Kemanusiaan dan Persaudaraan, yang mana tokoh sentral dari gerakan tersebut adalah Grand Syekh Al Azhar dan Paus Fransiskus. Melalui gerakan tersebut, dua organisasi massa keagamaan Indonesia pun mendapat penghargaan atas kontribusinya dalam membangun persaudaraan dan kemanusiaan.

    “Memang bagian daripada gerakan persaudaraan sedunia yang kemarin pernah dicetuskan di [dokumen] kemanusiaan dan persaudaraan di Abu Dhabi. Itu [antara] Syeikhul Azhar bersama dengan Paus Franciscus,” papar Wapres.

    “Tahun kemarin juga, bahkan ada semacam award untuk Indonesia. Dari empat award yang diberikan tentang kemanusiaan dan persaudaraan, dua [penerima penghargaan berasal] dari kita Indonesia, yaitu dua ormas besar, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah,” tambahnya.

    Menutup keterangannya, sekali lagi Wapres menyambut baik kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia. Ia berharap, kunjungan ini dapat semakin mempererat hubungan antarumat baik secara nasional maupun internasional dan menciptakan perdamaian di seluruh dunia.

    “Kita ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan bangsa Indonesia menyambut dengan penuh kegembiraan dan persahabatan,” pungkas Wapres.

    Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, dan Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sholahuddin Al Aiyub.

    Berita Terkait

    Presiden Pastikan Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus

    Presiden menyatakan kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah. Selengkapnya

    Rayakan HUT RI ke-79, Wapres Ajak Masyarakat Manfaatkan Peluang Bangun Indonesia Maju

    Pemanfaatan seluruh peluang yang ada di berbagai bidang ini dapat membuahkan hasil yang baik apabila dilakukan dengan kerja keras dan sinerg Selengkapnya

    Bersama Presiden, Wapres Tinjau Embung dan Menikmati Udara Segar IKN

    Presiden, Wapres dan para menteri meninjau embung, selain untuk menunjukkan progres pembangunan IKN dan juga untuk menikmati udara bersih IK Selengkapnya

    Pemerintah Siap Sambut Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

    Plt. Deputi memberikan atensi khusus pada dua kegiatan yaitu kelancaran rangkaian kegiatan Paus Fransiskus di Jakarta dan kegiatan Paus Fran Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA