FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 08-2024

    137

    NAKER FEST 2024, Integrasi Kegiatan Kemnaker untuk Akselerasi Transformasi Ketenagakerjaan

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Jakarta--Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Naker Fest 2024 pada 23 s.d 25 Agustus 2024 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kegiatan ini adalah integrasi berbagai kegiatan yang ada di Kemnaker dengan tujuan untuk mengakselerasi transformasi ketenagakerjaan.

    Naker Fest 2024 mengusung tema “Akselerasi Transformasi Ketenagakerjaan Untuk Indonesia Emas 2024: Kompetensi, Kemandirian, dan Berdaya Saing.” Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

    “Konsep dasar dari kegiatan Naker Fest 2024 adalah mengintegrasikan berbagai macam kegiatan yang ada di setiap unit kerja Kementerian Ketenagakerjaan menjadi satu kesatuan agenda besar ketenagakerjaan. Agenda besar ini menyediakan berbagai macam program kegiatan sekaligus pelayanan publik bidang ketenagakerjaan,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

    Berbagai kegiatan yang diintegrasikan dalam Naker Fest 2024 yaitu pertama, Naker Award, sebuah kegiatan pemberian penghargaan dengan tujuan untuk memberikan apresiasi, motivasi, dan dorongan peningkatan kinerja kepada pemerintah daerah, pemberi kerja, dan pekerja/buruh di Indonesia agar secara bersama-sama menjaga dan melaksanakan kebijakan dan regulasi bidang ketenagakerjaan.

    Kedua, Festival Ketenagakerjaan. Kegiatan ini terdiri dari TKM Expo yaitu sebuah pertunjukan program perluasan kesempatan kerja berupa kegiatan promosi bagi Tenaga Kerja Mandiri (TKM) berbasis usaha mikro, kecil, dan menengah. Selanjutnya juga terdapat Festival Vokasi, pameran karya-karya inovasi yang lahir dari proses Project Based Learning (PBL) mupun Teaching Factory (Tefa).

    Festival Ketenagakerjaan juga akan diisi dengan Job Fair (Bursa Kerja) untuk mempertemukan dan menghubungkan antara pemberi kerja dan pencari kerja; kegiatan Sertifikasi Kompetensi berupa pemberian informasi terkait sertifikasi kompetensi; serta kegiatan Talent Fest berupaya kegiatan-kegiatan pengembangan talenta muda.

    “Kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan unggulan yang ada di Kemnaker. Seluruh kegiatan tersebut kami hadirkan secara serentak dengan maksud untuk mengakselerasi transformasi ketenagakerjaan kita,” katanya.

    Naker Fest 2024 sendiri akan diikuti oleh 110 perusahaan dan 50 UMKM serta diharapkan dapat dihadiri lebih dari 25 ribu pengunjung. Naker Fest 2024 akan menyediakan 110.000 Lowongan Kerja.

    Ida Fauziyah menjelaskan, kegiatan Naker Fest yang mengintegrasikan berbagai kegiatan tersebut mencakup berbagai kegiatan yang secara esensi mencakup upaya-upaya peningkatan kompetensi, kemandirian, dan daya saing.

    “Karena ketiga komponen tersebut harus dikolaborasikan untuk mengakselerasi transformasi ketenagakerjaan kita agar kita dapat mencapai target Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

    Biro Humas Kemnaker

    Berita Terkait

    Indonesia-Africa Forum 2024: Peluang Emas untuk Transaksi Bisnis di Pasar Afrika

    Selengkapnya

    Gerak Cepat Kementerian Pertanian Mengakselerasi Produksi Menghadapi Ancaman Krisis Pangan

    Selengkapnya

    Butuh Investasi Pengetahuan untuk Ciptakan Tata Kelola Air Berkelanjutan

    Selengkapnya

    Deklarasi G20, Harapan Kaum Muda Lakukan Transfomasi Digital

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA