FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 08-2024

    122

    Jelang Dua Forum Internasional di Bali, Polda Imbau Masyarakat Jaga Kondisi Aman

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Denpasar, 23 Agustus 2024 – Kepolisian Daerah (Polda) Bali meminta masyarakat untuk menjaga keamanan ketertiban jelang penyelenggaraan Forum Indonesia-Afrika ke-2 dan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) yang akan digelar bersamaan pada 1--3 September 2024 di Bali.

    "Bali sudah dipercaya aman, baik itu nasional maupun internasional, makanya saya mengajak seluruh masyarakat Bali untuk sama-sama menjaga Bali," kata Kepala Biro Operasi Polda Bali Komisaris Besar Polisi Soelistijono di Denpasar, Bali, Jumat (23/8/2024).

    Sebagaimana yang telah dilakukan dalam beberapa ajang internasional lainnya, Kepolisian RI (Polri) akan bersinergi dengan berbagai instansi seperti TNI, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), hingga Badan Nasional Penanggulagan Terorisme (BNPT) untuk mengamankan dua forum internasional itu.

    Dikatakan Soelistijono, pihaknya dalam pengamanan kegiatan ini mengerahkan 4.523 personel. Dengan rincian, Mabes Polri menerjunkan 1.459 personel, Polda Bali 2.464 personel, Polda Jawa Timur (Jatim) 300 personel, dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) 300 personel.

    "Terkait Konferensi Asia Afrika itu nanti di bawah operasi terpusat dari Mabes Polri, dan mulai hari Senin, 26 Agustus 2024 sudah mulai rangkaian kegiatan pengamanannya," kata

    Soelistijono menambahkan pola pengamanan yang diterapkan pun sama dengan saat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum dan KTT G20.

    "Pola pengaman untuk KTT itu sama, nanti kita bergabung dengan TNI dengan Paspampres," kata Soelistijono.

    Polri sendiri akan melaksanakan Operasi Puri Agung II 2024 yang digelar pada 31 Agustus hingga 4 September 2024.

    Mantan Direktur Polairud Polda Bali itu menyatakan untuk sementara ada 58 kepala negara yang akan diundang dalam forum tersebut.

    Beberapa kerja sama yang akan diprioritaskan dalam forum tersebut antara lain kerja sama dalam transformasi ekonomi, energi, pertambangan, ketahanan pangan, kesehatan, dan pembangunan. (Rolandus Nampu / Guido Merung /TR/Elvira Inda Sari).

    ***

    Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.id/kategori/hlm-msp-iaf

     

    Berita Terkait

    PABSI Puji Fasilitas Internasional di GOR Seuramoe Angkat Besi Banda Aceh

    Selengkapnya

    IAF ke-2 di Bali, Membangun Masa Depan Bersama lewat Aksi Nyata dan Kolaborasi

    Selengkapnya

    Ukir Sejarah Emas untuk Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, Rizky Juniansyah: Ini untuk Masyarakat, Keluarga dan Kado HUT ke-79 RI

    Selengkapnya

    MPR Gelar Forum Tematik Bakohumas, Siti Fauziah : Perlu Masukan Untuk Pengembangan Media Sosial MPR

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA