FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 09-2024

    18

    1.370 Unit Kendaraan Permudah Mobilitas Atlet dan Tamu di Sumut

    Kategori Artikel GPR | moch038

    Konferensi Pers Transportasi PON XXI Aceh-Sumut di Media Center Wilayah Sumut pada Selasa (10/9/2024). Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut, Agustinus Panjaitan (kanan) Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Wilayah Sumut Raja Parlindungan Pane./Foto : InfoPublik/Farizzy Adhy

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA PON-ACEHSUMUT2024

    No.60/SP/TKM-PONACEHSUMUT/9/2024

    Medan, 10 September 2024 – Sebanyak 1.370 unit kendaraan mendukung aksesibilitas dan akomodasi transportasi bagi para atlet dan tamu undangan yang menghadiri gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di wilayah Sumatra Utara. Kendaraan-kendaraan ini akan dioperasikan untuk memastikan mobilitas selama berlangsungnya acara olahraga nasional tersebut.

    Dalam Konferensi Pers Transportasi PON XXI yang berlangsung di Media Center Wilayah Sumatra Utara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut, Agustinus Panjaitan, menjelaskan bahwa kendaraan tersebut terdiri dari 967 unit yang disediakan oleh Dishub Sumut dan tambahan 403 unit yang disediakan oleh Kementerian Pusat, menjadikan total armada sebanyak 1.370 unit.

    “Kami mendapat dukungan dari Kementerian sekitar 403 unit, sehingga total armada yang disiapkan mencapai 1.370 unit,” ujar Agustinus Panjaitan di Medan, Selasa (10/9/2024).

    Kendaraan-kendaraan tersebut dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari tipe 1-3 yang terdiri dari minibus dan kendaraan pribadi untuk tamu khusus, hingga tipe 4 yang merupakan bus yang diperuntukkan bagi para atlet dan panitia di setiap cabang olahraga. Selain itu, terdapat tipe 5, yang merupakan kendaraan dengan kapasitas besar yang digunakan untuk angkutan barang dan transportasi kuda pada cabang olahraga berkuda.

    “Kendaraan sudah dialokasikan sesuai dengan kategori dan kebutuhan masing-masing. Kami hanya perlu memastikan keberadaan pengemudi dan pendamping untuk memfasilitasi operasional kendaraan,” tambah Agustinus.

    Fokus utama dalam pengelolaan transportasi saat ini adalah pada tipe 4, yakni bus yang diperuntukkan bagi para atlet, mengingat peran vital mereka dalam kegiatan PON XXI 2024.

    Dishub Sumut pun terus melakukan evaluasi guna memastikan kelancaran operasional. Salah satunya menerapkan inovasi berupa fleet management system dan two-way communication. Kedua inovasi ini memungkinkan pemantauan arah kendaraan dan komunikasi langsung antara pengemudi dan petugas untuk meminimalisir kesalahan dan memastikan efisiensi operasional.

    Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Wilayah Sumut Raja Parlindungan Pane menegaskan bahwa peran transportasi sangat krusial dalam penyelenggaraan event olahraga multi-cabang seperti PON XXI. Tantangan dalam koordinasi mobilitas pun sangat mungkin terjadi. Namun seluruh pihak penyelenggara berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik.

    “Semua penyelenggara PON XXI bersifat melayani, sebagaimana arahan Gubernur Sumut bahwa kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu yang datang,” ujar Raja Parlindungan Pane.

    Dengan penyiapan transportasi yang matang dan dukungan teknologi terbaru, diharapkan kegiatan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh peserta dan tamu undangan. (Farizzy, US InfoPublik/TR/Elvira Inda Sari).

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI wilayah Sumut - Raja Parlindungan Pane (0811927628)

    Dapatkan informasi lainnya di https://ponxxi-acehsumut.id/ dan https://infopublik.id/kategori/ponxxi

    Berita Terkait

    967 Unit Mobil Layani Transportasi PON 2024 di Sumut, Ini Daftar Zonanya

    Selengkapnya

    PON XXI 2024 Dorong Lonjakan Wisata dan Ekonomi Sumut

    Selengkapnya

    Bangun Negeri dengan Transparansi dan Akuntabilitas Lewat RUU PBJ Publik

    Selengkapnya

    Kemenparekraf Fokus Wujudkan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA