FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 09-2024

    26

    Emas Judo PON untuk Bali, Gede Ganding Siap Taklukkan Asia Tenggara

    Kategori Artikel GPR | moch038

    Judoka Bali Gede Ganding Kalbu Soethama meluapkan kegembiraannya seusai menang melawan judoka Jawa Timur Yohanes Kristopel Pelupessy pada babak final nomor -100 kg putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh, Kamis (12/9/2024). Gede Ganding Kalbu Soethama menang dalam pertandingan tersebut dan berhasil meraih emas, diikuti peraih medali perak Yohanes Kristopel Pelupessy serta peraih medali perunggu judoka Sumatera Utara M Okky Wicaksono dan judoka Papua Rinus Koyoga. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.

    Judoka Bali Gede Ganding Kalbu Soethama (atas) berusaha membanting judoka Jawa Timur Yohanes Kristopel Pelupessy pada babak final nomor -100 kg putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh, Kamis (12/9/2024). Gede Ganding Kalbu Soethama menang dalam pertandingan tersebut dan berhasil meraih emas, diikuti peraih medali perak Yohanes Kristopel Pelupessy serta peraih medali perunggu judoka Sumatera Utara M Okky Wicaksono dan judoka Papua Rinus Koyoga. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA PON-ACEHSUMUT2024

    No.80/SP/TKM-PONACEHSUMUT/9/2024

    Banda Aceh, 13 September 2024 – Judoka asal Bali Gede Ganding Kalbu Soethama berhasil mempertahankan capaian medali emas di nomor perorangan -100 kg putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatra Utara 2024, setelah di final mengalahkan judoka Jawa Timur Yohanes Kristopel. Ia bertekad menjadikan kemenangannya pada PON XXI 2024 sebagai modal kuat apabila terpilih untuk berlaga di ajang SEA Games 2025 di Bangkok, Thailand.

    "Jika dipanggil Pelatnas, saya akan wakili Indonesia di SEA Games Thailand tahun depan," kata I Gede Ganding Kalbu Soethama di Banda Aceh, Jumat (13/9/2024).

    Gede sudah tampil sebanyak tiga kali di PON dengan penampilan debutnya terjadi di PON Jawa Barat 2016 dengan meraih medali perak, lalu di PON Papua 2021 ia mendapat medali emas. "Lawan di PON Aceh-Sumut ini berbeda dengan lawan di Papua dulu. Dulu saya melawan Jabar dan saat ini melawan Jatim, style bertarung dan strategi mereka jauh berbeda," katanya.

    Ia mengatakan dalam mempersiapkan penampilan di PON Aceh-Sumut, dirinya mengikuti pemusatan latihan yang digelar di Bali selama dua bulan. "Dalam TC itu kami melakukan persiapan fisik, mental, teknik, dan strategi hingga dapat meraih medali saat ini," kata dia.

    Di cabang olahraga judo PON Aceh-Sumut, Bali baru mendapatkan satu emas, empat medali perak, dan tiga perunggu. Hasil ini masih di bawah capaian Bali di PON Papua 2021 yang keluar sebagai juara umum dengan enam medali emas.

    Atlet kelahiran Denpasar 28 tahun lalu itu mengaku masuk SEA Games 2025 merupakan target jangka pendeknya. Untuk itu, ia tidak ingin kendor dan terus melakukan latihan intensif untuk menjaga kebugaran fisik.

    Cara itu dilakukan sebagai kesiapan jika dipanggil ke pemusatan latihan nasional sebagai target pribadinya untuk membela Indonesia di kancah kompetisi olahraga regional Asia Tenggara itu. Ganding memiliki catatan yang positif di PON setidaknya tiga kali berturut-turut menyumbangkan medali untuk Provinsi Bali.

    Pada PON XIX di Jawa Barat pada 2016, ia mempersembahkan medali perak saat pertama kali tampil pada ajang olahraga terbesar nasional itu. Kemudian pada PON XX di Papua, ia menyabet medali emas setelah mengalahkan lawannya dari Jawa Barat.

    "Saya berhasil mempertahankan medali emas yang diraih di PON Papua dan di kelas yang sama," kata Gede di Banda Aceh, Kamis (12/9/2024).

    Sementara itu, perolehan medali kontingen Bali per Jumat (13/9/2024) sudah mencapai total 55 medali yang terdiri dari 15 medali emas, 15 medali perak, dan 25 perunggu. Perolehan medali itu menempatkan Bali pada posisi kedelapan klasemen sementara hingga pukul 16.00 WIB. (Dewa Ketut Sudiarta Wiguna, Teguh Handoko /TR/Elvira Inda Sari).

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI wilayah Aceh - Tirto Prima Putra (08999997934)

    Dapatkan informasi lainnya di https://ponxxi-acehsumut.id/ dan https://infopublik.id/kategori/ponxxi


    Berita Terkait

    Menpora: Audit Dana PON XXI untuk Transparansi, Bukan Tekanan bagi Penyelenggara

    Selengkapnya

    Festival UMKM dan Bazar PON XXI di Medan, Siap Bangkitkan UMKM

    Selengkapnya

    Panitia PON XXI Siapkan ID Card untuk 593 Jurnalis, Proses Pengambilan Lancar di Medan

    Selengkapnya

    PON XXI 2024 Gelar Pertandingan Terbesar dengan 65 Cabor

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA