FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 03-2023

    1211

    Pejabat Humas Pemerintah Diimbau Tak Pamer di Medsos

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Surabaya, Kominfo – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjabat sebagai hubungan masyarakat diimbau tidak menampilkan sikap hedonisme, dengan memamerkan kekayaan atau flexing di media sosial (medsos).

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong menyatakan hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.

    “Akhir-akhir waktu belakangan ini muncul fenomena ASN yang ‘melayani dirinya sendiri’, (itu termasuk) hedonisme, pamer, istilahnya kalau di medsos flexing ya pamer. Presiden betul-betul mengingatkan kita untuk menahan diri,” ujarnya dalam Webinar Peluncuran Sistem Manajemen Pranata Humas yang Profesional dan Inovatif (SIMPHONI) Manajemen Pranata Humas Digital yang digelar secara daring dan luring dari Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Kamis (09/03/2023).

    Dirjen IKP Kominfo mengatakan, sebagai ASN, Humas Pemerintah memiliki tugas untuk melayani publik dengan baik, termasuk mencontohkan sikap yang baik di lingkungan masing-masing. Namun, dalam praktiknya, masih banyak ASN yang belum bisa menahan diri dan menampilkan kemewahan di medsos, sehingga hal ini mendapat perhatian khusus dari presiden.

    “Di rapat paripurna kabinet terakhir, presiden mengingatkan kita semua yang bahwa tugas kita (humas pemerintah) di pemerintahan adalah melayani publik. SIMPHONI memang melayani kita, tetapi Itu juga pelayanan yang kita masukkan ke dalam SIMPHONIi juga adalah hasil dari pelayanan publik yang kita lakukan,” kata Dirjen Usman.

    Menurut Dirjen IKP Kominfo, saat ini medsos menjadi hal yang paling banyak diakses oleh masyarakat. Oleh karena itu, Humas Pemerintah diminta untuk bersikap sederhana dan bijaksana dalam membuat konten untuk ditampilkan di medsos pribadi, guna menghindari sorotan negatif dari masyarakat.

    “Marilah kita tampilkan di medsos itu. hasil ataupun kerja-kerja kegiatan kita, bukan menampilkan diri kita sendiri (misalnya) pakai (mobij Jeep) Rubicon lah dan lain-lain. Itu betul-betul kita Ingatkan ya (karena) kita ini betul-betul sedang menjadi sorotan,” ajak Dirjen Usman Kansong.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    [Berita Foto] Suasana Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Kominfo

    Upacara itu diikuti Wamenkominfo Nezar Patria, Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian K Selengkapnya

    Humas Pemerintah Memiliki Peran Sentral dalam Diseminasi Informasi

    GPR juga memiliki peran sebagai jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat. Hal itu sejalan dengan tugas GPR menampung Selengkapnya

    Pemerintah Luncurkan "Gim Anak Bangsa”? Itu Hoaks!

    Tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah yang menyatakan bahwa penyedia layanan permainan digital tersebut milik pemerintah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA