FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 02-2024

    101

    Dirjen IKP Kominfo: Pers Berperan Kawal Transisi Demokrasi Lewat Pemilu

    SIARAN PERS NO. 121/HM/KOMINFO/02/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 121/HM/KOMINFO/02/2024

    Jumat, 9 Februari 2024

    tentang

    Dirjen IKP Kominfo: Pers Berperan Kawal Transisi Demokrasi Lewat Pemilu

    Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 menjadi momentum bagi insan pers nasional untuk menjalankan peran fundamental sebagai pilar demokrasi. 

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menyatakan pers memiliki peran mengawal Pemilihan Umum 2024 supaya berlangsung secara damai, jujur, adil.

    “Peran media selaras dengan peringatan Hari Pers Nasional, yaitu mengawal transisi demokrasi, kepemimpinan dan keutuhan bangsa,” jelasnya usai menghadiri Syukuran HUT ke-78 Persatuan Wartawan Indonesia di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat (09/02/2024).

    Dirjen Usman Kansong menegaskan Pemilu damai, jujur, adil, dan berintegritas akan bisa menjaga keutuhan bangsa Indonesia sehingga tidak terpecah-pecah.

    “Itulah peran media dalam jangka pendek. Saya kira pas sekali dengan momentum HPN, pers mengawal transisi kepemimpinan dan keutuhan bangsa. Menjadi pilar keempat demokrasi dalam men-demokratisasi-kan masyarakat lewat Pemilu, menjaga, dan merawat keutuhan bangsa,” tuturnya.

    Menurut Dirjen IKP Kementerian Kominfo, pers memiliki peran nyata dalam menjaga kualitas demokrasi dan memastikan Pemilu berlangsung damai dan aman.

    “Dengan menjadi clearing house atau rumah penjernih dari berita hoaks yang marak dalam rangkaian Pemilu,” tandasnya.

    Dirjen Usman Kansong menyatakan pers juga menjalankan peran menghasilkan transisi kepemimpinan yang damai, sah, dan diterima oleh masyarakat melalui Pemilu.

    “Dengan menguatkan peran pers secara kritis dan independen, kita berharap media menjalankan prinsip cover both side sedapat mungkin, tampilkanlah ketiga pasangan calon pemimpin ini, capres-cawapres secara baik,” ungkapnya.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menegaskan Menkominfo Budi Arie Setiadi juga mengimbau kepada pengelola media untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih dalam Pemilu Serentak 2024. 

    “Peran media yang paling penting adalah mengajak masyarakat mencoblos pada 14 Februari 2024 sesuai pilihan masing-masing pada Pemilu tahun ini yang tinggal menghitung hari,” tegasnya. 

    Dirjen Usman Kansong menilai makin tinggi partisipasi politik masyarakat, maka legitimasi Pemilu makin kuat. 

    “Ini pekerjaan besar, kenapa? Karena di Pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi politik kita sudah tinggi. Orang yang mencoblos datang ke TPS itu 82 persen. Kita harapkan, dalam Pemilu kali ini, paling tidak seperti itu. Kalau bisa pertahankan, syukur persentasenya bisa naik,” harapnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id 


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 179/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo Jamin Perpres Publisher Rights Jaga Kebebasan Pers

    Kehadiran Perpres Publisher Rights dapat menjadi salah satu langkah penting untuk mewujudkan industri media yang sehat. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 178/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamen Nezar Patria: Perpres Publisher Rights Kunci Masa Depan Jurnalisme Berkualitas

    Fokus utama pengaturan Publisher Rights di Indonesia berkaitan dengan upaya mewujudkan jurnalisme berkualitas, berbeda dengan Australia dan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 177/HM/KOMINFO/02/2024 tentang Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Britania Raya Kembangkan Pemerintahan Digital

    Indonesia juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk universitas dari luar negeri guna mengembangkan kemampuan teknis dalam me Selengkapnya

    Siaran Pers No. 175/HM/KOMINFO/02/2024 tentang Menteri Budi Arie Bahas Percepatan Filing Satelit CAKRA-1 dengan Sekjen ITU

    Menteri Budi Arie menyatakan salah satu bentuk dukungan yang diharapkna berupa pengajuan filling satelit CAKRA-1 yang akan digunakan untuk m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA