FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 04-2024

    398

    UNHCR Terjerat Keimigrasian? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di media sosial Instagram yang sedang menjadi perbincangan warganet. Dalam unggahan itu terdapat informasi United Nations High Commissioner for Refugees (UNCHR) terancam terjerat Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (UU Keimigrasian) karena melindungi pengungsi Rohingya.

    Bahkan tampak dalam unggahan video kutipan Pasal 124 UU Keimigrasian  yang disertai tagar "#TolakRohingiyadiIndonesia" dan "#BubarkanUnchrIndonesia".

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari cekfakta.tempo.co, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar. Ternyata,  UU Keimigrasian tidak dapat digunakan untuk menjerat UNHCR sebab pengungsi Rohingya bukanlah imigran ilegal yang diselundupkan.

    Pemerintah Republik Indonesia telah menjalin kerja sama dengan UNHCR sejak tahun 1979. Bahkan, keberadaan UNHCR di Indonesia diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo mengenai pengungsi dari luar negeri di Indonesia.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (13/04/2024):

    1. [HOAKS] Presiden Joko Widodo Perintahkan untuk Menangkap Para Pendemo Pemilu 2024
    2. [HOAKS] UNHCR Terancam Terjerat UU Keimigrasian karena Lindungi Pengungsi Rohingya
    3. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan GadgetIn Promosikan Jam Tangan Pintar
    4. [HOAKS] Terjadi Gelap selama 3 Hari Akibat Gerhana Matahari

    Berita Terkait

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA