FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 07-2024

    242

    Pembagian Hadiah Panen Simpedes BRI? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi informasi pengumuman penarikan panen hadiah Simpedes dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

    Konon, dalam unggahan tersebut disebutkan beberapa hadiah utama dan hadiah lainnya yang akan didapat oleh para pemenang.

    Hasil penelusuran fakta Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan pengundian panen hadiah Simpedes tersebut tidak benar. Dari liputan6.com, akun yang membagikan informasi tersebut merupakan akun palsu yang mengatasnamakan BRI.

    Dalam situs resmi bri.co.id, BRI mengimbau masyarakat untuk mewaspadai social engineering yaitu sebuah teknik memperoleh informasi rahasia dengan cara menipu atau memanipulasi korban.

    Lebih lanjut, BRI meminta masyarakat segera melaporkan apabila menemukan akun palsu pada kontak resmi BRI di 14017/1500017 atau mengirim email ke callbri@bri.co.id.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (15/07/2024) :

    1. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Gubernur Riau Periode 2019-2024 Syamsuar
    2. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Sekda Jawa Tengah Sumarno
    3. [HOAKS] Pembagian Hadiah Panen Simpedes dari BRI
    4. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat
    5. [HOAKS] Nomor WhatsApp Mengatasnamakan Kapolres Bone Bolango

    Berita Terkait

    September 2024, BBM Pertalite Stop Dijual di SPBU? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari tirto.id, klaim bahwa BBM (Bahan Bakar Minyak) jenis P Selengkapnya

    Sri Mulyani Bagikan Uang Rp15 Juta? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Peresmian Mal Pertama di IKN? Itu Hoaks!

    Beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan pada 9 Agustus 2024 pukul 09.40 yang sedang menjadi perbincangan warga net. Konon, unggahan Selengkapnya

    Tanaman Pacing Sembuhkan Mata Minus, Itu Hoaks!

    Membasuh wajah dari tanaman pacing yang direndam tidak dapat menyembuhkan mata minus. Salah satu pengobatan lain untuk menyembuhkan mata mi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA