FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2024

    266

    [HOAKS] NASA Nyatakan Bumi Dihantam Asteroid pada 12 Juli 2038

    Kategori Hoaks | anni005

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menyatakan bahwa bumi akan dihantam asteroid pada 12 Juli 2038. 

    Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari cekfakta.com, narasi yang beredar merupakan pemahaman yang keliru dari materi Latihan Tabletop Antarlembaga Pertahanan Planet. Latihan ini diadakan NASA setiap dua tahun sekali yang bertujuan untuk menilai kemampuan Amerika Serikat dalam menghadapi dampak dan potensi bahaya asteroid atau komet. Selama latihan, para peserta mempertimbangkan potensi respons nasional dan global terhadap skenario hipotetis ketika asteroid yang belum pernah terdeteksi sebelumnya teridentifikasi dan menurut perhitungan awal memiliki peluang 72 persen untuk menabrak Bumi dalam waktu sekitar 14 tahun (2038). Dilansir dari akun X/Twitter resmi milik NASA @NASA, tidak ada ancaman dampak asteroid yang signifikan di masa mendatang. Latihan di atas meja ini diadakan setiap dua tahun sekali untuk mendukung strategi pertahanan planet NASA.

     

    Kategori: Hoaks

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Ridwan Kamil Bagikan Bantuan 30 Juta

    Beredar sebuah unggahan video di media sosial TikTok yang mengeklaim Ridwan Kamil yang merupakan Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta (Cagub Selengkapnya

    [HOAKS] Gedung DPR Dibakar dan Anggota Polisi Disiram Air Keras

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ikan Berkepala Harimau

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Mengatasnamakan Bantuan Dana BPJS Kesehatan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA