FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2024

    360

    Awas Hoaks! Asteroid Hantam Bumi pada 12 Juli 2038

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi informasi pernyataan dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengenai bumi akan dihantam asteroid pada 12 Juli 2038. 

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Dari cekfakta.com, narasi yang beredar merupakan pemahaman yang keliru dari materi Latihan Tabletop Antarlembaga Pertahanan Planet.

    Latihan ini diadakan NASA setiap dua tahun sekali yang bertujuan untuk menilai kemampuan Amerika Serikat dalam menghadapi dampak dan potensi bahaya asteroid atau komet.

    Selama latihan, para peserta mempertimbangkan potensi respons nasional dan global terhadap skenario hipotetis ketika asteroid yang belum pernah terdeteksi sebelumnya teridentifikasi dan menurut perhitungan awal memiliki peluang 72 persen untuk menabrak Bumi dalam waktu sekitar 14 tahun (2038).

    Sementara itu, dari akun X/Twitter resmi milik NASA @NASA, tidak ada ancaman dampak asteroid yang signifikan di masa mendatang. Latihan di atas meja ini diadakan setiap dua tahun sekali untuk mendukung strategi pertahanan planet NASA.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (05/07/2024):

    1. [HOAKS] NASA Nyatakan Bumi Dihantam Asteroid pada 12 Juli 2038
    2. [HOAKS] Presiden Jokowi akan Bagikan Speaker Bluetooth Gratis
    3. [HOAKS] TKA Cina Didatangkan untuk Jadi Operator Kereta Cepat Jakarta-Bandung
    4. [HOAKS] Video Anak Yatim Korban Perang Gaza Tiba di Indonesia
    5. [HOAKS] KM Lestari Maju Tenggelam di Kabupaten Kepulauan Selayar 3 Juli 2024                
    6. [HOAKS] Bill Gates Sebut Flu Burung akan Jadi Pandemi Selanjutnya
    7. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Sekretaris Daerah Kota Malang

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Penemuan Kasus Mpox di Provinsi Bali

    Konon, unggahan video itu memperlihatkan seorang pria sedang menangis dan tubuhnya tampak ruam, seperti bintik-bintik merah, dan melepuh ber Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pinjaman Online BNI via WhatsApp

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id, ternyata video unggahan itu tidak ben Selengkapnya

    Awas Hoaks! Penyitaan Komputerisasi Atas Nama Kantor Siber Nasional

    Konon, surat tersebut berisi narasi penyitaan komputerisasi penyusupan siber yang tertangkap pada alamat Internet Protocol (IP). Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pala dan Gula Batu Atasi Jantung Berdebar

    Penggunaan biji pala dan gula batu untuk mengobati jantung berdebar (palpitasi) tidak didukung oleh bukti medis yang kuat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA