FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 06-2024

    279

    Wamen Nezar Patria: Kepemimpinan Terarah dan Visioner Jadi Kunci Kemajuan Bangsa

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Selatan, Kominfo - Transformasi digital menjadi fondasi utama kemajuan bangsa Indonesia di tengah persaingan geopolitik global yang makin ketat. 

    Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menekankan arti penting kepemimpinan dalam menentukan posisi Indonesia di panggung global transformasi digital.

    "Inilah pentingnya leadership. Bahwa strategi transformasi digital di Indonesia itu harus memikirkan geopolitik pengembangan teknologi yang ada di dunia, dan di mana posisi Indonesia,” jelasnya dalam Bedah Buku "Kepemimpinan dan Perdamaian" di Kantor Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (05/06/2024).

    Wamen Nezar Patria menilai kepemimpinan yang terarah dan visioner akan menjadikan Indonesia berpeluang besar untuk memimpin inovasi dan pengembangan teknologi di tingkat global. 

    "Indonesia harus bergerak dari sekadar pengguna teknologi menjadi pemain aktif dalam pengembangan teknologi global," tegasnya.

    Salah satu peluang besar Indonesia adalah bonus demografi. Berdasarkan proyeksi World Economic Forum, pada tahun 2030, hampir 60% dari populasi Indonesia akan berada dalam usia produktif. 

    “Usia antara 17 hingga 45 tahun diperkirakan mencapai hampir 40%, dan jika diperluas hingga usia 65 tahun, jumlahnya bisa mencapai 60%. Momentum ini bisa bertahan sekitar 20 hingga 30 tahun. Setelahnya, kita mengalami decline secara populasi,” jelas Wamenkominfo.

    Oleh karena itu, Wamen Nezar Patria menyatakan Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi ini secara optimal dengan strategi yang tepat.

    “Posisi Indonesia dalam peta teknologi dunia 10 tahun ke depan sangat ditentukan oleh keputusan strategis yang kita ambil saat ini, terutama dalam pengembangan sumber daya manusia dan teknologi,” ungkapnya.

    Menurut Wamenkominfo, penguasaan teknologi tidak sekadar aspek infrastruktur teknologi saja, namun mencakup modal manusia. 

    "Kita harus memastikan bahwa sumber daya manusia kita siap menghadapi tantangan teknologi masa depan," tandasnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Labuan Bajo

    Menjadi literat digital berarti dapat memproses berbagai informasi, dapat memahami pesan dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam b Selengkapnya

    Menkominfo: Jadikan Teladan dan Inspirasi Wujudkan Transformasi Digital

    Menteri Johnny mengharapkan agar upaya penerima Satyalancana Wira Karya dapat menjadi teladan bagi seluruh insan komunikasi dan informatika. Selengkapnya

    Kolaborasi dengan Penerima Beasiswa, Kominfo Terapkan Inovasi untuk Kembangkan DTS

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun kolaborasi dengan penerima benerima beasiswa Program Beasiswa S2 Luar Negeri. Hasil inovasi Selengkapnya

    Plt Dirjen IKP: Memberantas Hoaks Jadi Tantangan ke Depan

    Menetralisir informasi yang tidak benar atau hoaks masih menjadi tantangan bagi Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementer Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA