FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 07-2024

    133

    Jadi Kunci Indonesia Maju, Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas

    Kategori Berita Pemerintahan | Erbi

    Padang, Kominfo –  Pemerintah mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan UMKM menjadi kunci Indonesia untuk menjadi negara maju.

    "UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia karena menyumbang 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 90 persen tenaga kerja. Oleh karena itu, UMKM harus kita dukung agar naik kelas. Kalau UMKM bisa naik dan menyerbu pasar dunia, Indonesia siap menjadi negara maju," ungkapnya saat berdiskusi dengan Pelaku UMKM di Rendang Asese, Padang, Sumatra Barat, Minggu (07/07/2024).

    Mendag Zulkifli Hasan mengajak berbagai pihak untuk bekerja sama memajukan UMKM. Menurutnya, pembinaan oleh Pemerintah ditargetkan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM.

    "Kata kuncinya kerja sama. Pemerintah pusat dan daerah mendukung dan membina proses produksi UMKM. Pemerintah daerah melalui dinas perindustrian dan perdagangan diharapkan terus membina agar produk UMKM semakin berkualitas dan bisa diterima di luar negeri," tuturnya. 

    Dalam diskusi, Mendag Zulkifli Hasan memaparkan upaya Kemendag dalam memajukan UMKM melalui kerja sama empat pilar. Kerja sama ini terdiri atas pelaku UMKM,lokapasar (marketplace), ritel modern, serta perbankan dan lembaga pembiayaan ekspor.

    "Kemendag akan mempertemukan UMKM dengan lembaga pembiayaan ekspor, bagi yang mau ekspor. Jika memerlukan modal, Kemendag akan mempertemukan dengan lembaga perbankan. UMKM juga harus mulai melakukan pemasaran di marketplace. Melalui marketplace dan media sosial, UMKM diharapkan mampu meningkatkan transaksi penjualan dan memperluas jangkauan pemasarannya," jelasnya.

    Kemendag juga akan membantu UMKM untuk menjangkau buyer di luar negeri. Untuk itu, pelaku UMKM dapat mengirimkan sampel produk ke perwakilan perdagangan di luar negeri untuk dipasarkan.

    "Kita ada perwakilan di 46 negara mitra dagang. Untuk itu, pelaku UMKM bisa mengirimkan sampel produk untuk meyakinkan buyer di luar negeri, tetapi produk yang dikirim harus diperhatikan kualitasnya," tegas Mendag Zulkifli Hasan.

    Dalam pertemuan yang dihadiri 100 pelaku UMKM Kota Padang dan sekitarnya, Mendag Zulkifli Hasan juga mengajak pelaku UMKM untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia. Menurutnya, partisipasi tersebut juga perlu didukung dan difasilitasi pemerintah daerah. 

    "Kita akan menggelar Trade Expo Indonesia pada Oktober mendatang karena didatangi banyak buyer dari berbagai negara. Pelaku UMKM bisa berpartisipasi pada pameran ini dengan difasilitasi pemerintah daerah," tuturnya. 

    Dalam kegiatan itu hadir, Sekretaris Daerah Sumatra Barat Hansastri serta Pj. Walikota Padang Andree Harmadi Algama. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan antara lain Plt. Sekretaris Jenderal Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

    Berita Terkait

    Pemerintah Dorong Kolaborasi Baru agar UMKM Jadi Bagian Rantai Pasok Industri Global

    Menko Perekonomian menyatakan sebagai bentuk dukungan ekspor oleh UMKM, Pemerintah juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Ek Selengkapnya

    Percepat Transformasi Birokrasi, Pemerintah Kembangkan Kepemimpinan Digital

    Kapabilitas digital sebuah organisasi ternyata sangat signifikan ditentukan oleh faktor-faktor manusia seperti kepemimpinan, budaya kerja, d Selengkapnya

    Tiga Langkah Strategis Pemerintah Tangani Krisis Iklim

    Wapres memaparkan tiga langkah strategis dalam upaya menangani krisis iklim, yaitu riset dan pengembangan teknologi inovatif untuk pemulihan Selengkapnya

    Inovasi Layanan Publik Indonesia Rebut Penghargaan UNPSA 2024

    Penghargaan dari PBB ini diterima langsung oleh Inspektur Jenderal KLHK Laksmi Wijayanti dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA