FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 06-2024

    395

    Tambah 30 Orang PPNS, Kominfo Tingkatkan Wasdal Penggunaan SFR

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Bogor, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menambah 30 orang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk melakukan penegakan hukum di sektor pengendalian spektrum frekuensi radio (SFR). 

    Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Dwi Handoko menyatakan penambahan personel yang memiliki skill set koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi (3K) memiliki arti penting dalam mengelola spektrum frekuensi radio, orbit satelit, dan alat/perangkat telekomunikasi yang digunakan oleh masyarakat atau kepentingan publik.

    “Peran Ditjen SDPPI sebagai pihak yang hadir dalam pengawasan dan pengendalian penggunaan spektrum frekuensi radio menjadi penting untuk memiliki skill set yang mumpuni dalam menjalankan tugas dan fungsi SDPPI,” jelasnya saat memberikan sambutan Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen PPNS Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo di di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Reserse Polri Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/06/2024).

    Menurut Plt. Sesditjen Dwi Handoko pengawasan dan pengendalian penggunaan SFR merupakan salah satu siklus pengelolaan yang dinamis. 

    “Saya harap seluruh hal yang didapat dalam pelatihan ini dapat dioptimalkan pada kegiatan sehari-hari. Dengan semaksimal mungkin sesuai konteks pada saat pelaksanaan tugas,” jelas Dwi Handoko.

    Hilman Fikrianto, salah satu peserta pelatihan menyampaikan pelatihan kali ini banyak sekali ilmu yang peroleh. Salah satunya terkait penegakkan hukum. 

    “Banyak hal yang kita dapatkan khususnya penegakkan hukum terkait dengan penggunaan spektum frekuensi radio dan terkait dengan penggunaan perangkat telekomunikasi yang beredar khususnya di Indonesia,” ujarnya.

    Penutupan Diklat Manajemen PPNS Ditjen SDPPI ini dihadiri Ketua Tim Kerja Manajemen SDM, Organisasi, dan Reformasi Birokrasi Siti Chadidjah, Ketua Tim Kerja Penertiban Spektrum Frekuensi Radio dan Alat Perangkat Telekomunikasi Hasyim Fiater, dan Perwakilan Korwas Polri.

    Berita Terkait

    Sambut Kunjungan Paus Fransiskus, Kominfo-PosIND Luncurkan Prangko

    Kementerian Kominfo melakukan perubahan e-katalog Prangko Indonesia Tahun 2024 untuk memasukkan agenda kunjungan Paus Fransiskus sebagai sa Selengkapnya

    Kominfo Simulasikan Early Warning System Penyiaran Digital

    Sosialisasi dan simulasi teknis melibatkan 13 penyelenggara Multipleksing (MUX) di seluruh Indonesia, termasuk di kawasan yang rawan bencana Selengkapnya

    Konsultasi Publik Revisi UU KIP, Kominfo Libatkan Pemangku Kepentingan

    Secara global banyak negara telah melakukan perubahan atas Freedom of Information Act (FOIA). Seperti Amerika Serikat pada tahun 2016 dan Au Selengkapnya

    Gunakan SFR Aman, Kominfo Bekali Nelayan dengan IKRAN

    Kabalmon Mujiyo menyatakan usaha perikanan membutuhkan komunikasi yang bersifat umum atau nonmarabahaya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA